Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Diperbarui: 24 Mei 2023   12:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Modul 3.3

Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid

SDWiwi Hartati, S.PdN Bukit Duri 05

CGP Jakarta Selatan-Angkatan 7

Bismillahirohmannirrohim.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Bapak Ibu guru hebat, Salam sehat dan bahagia

Pada Refleksi dwi mingguan saya menggunakan model 4F ( Fact, Feeling, Findings, Future) merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Dalam model rfleksi 4F ini dapat diterjemahkan menjadi 4P yang terdiri dari Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan. Pada modul 3.3 yang saya dapatkan dalam mempelajari modul ini yaitu materi pengelolaan program yang berdampak pada murid.

1. Fact (Peristiwa)

Modul 3.3 merupakan modul pamungkas yang harus dipelajari dalam rangkaian pelatihan guru penggerak ini. Sama seperti modul sebelumnya, kegiatan pembelajaran pada materi modul 3.3 ini juga dilakukan dalam waktu dua minggu. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 15 Mei 2023. Dalam modul ini, saya mempelajari materi tentang menyusun sebuah program yang berdampak positif pada murid, cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Secara umum, saya dapat memahami dan mengimplementasikan materi yang saya pelajari dalam modul ini dengan baik. Meskipun ada beberapa materi masih belum saya kuasai terutama tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembang murid. Namun, saat ruang kolaborasi yang dilaksanakan pada hari Senin, 22 Mei 2023 dan Selasa, 23 Mei 2023 membuat kegalauan saya ini terjawab setelah saya berdiskusi dengan rekan-rekan CGP dan fasilitator. Saat sesi ruang kolaborasi, kami diminta untuk membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Program yang direncanakan ini juga melihat aset yang dimiliki oleh sekolah serta mampu menumbuhkan kepemimpinan murid dengan melibatkan suara, pilihan, dan kepemilikian. Saat masuk alur demonstrasi kontekstual tanggal 24 Mei 2023, kami diminta untuk membuat sebuah program secara individu. Program ini nantinya yang akan dipraktikkan dalam aksi nyata di akhir modul 3.3.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline