Lihat ke Halaman Asli

Wiwien Wintarto

TERVERIFIKASI

Penulis serba ada

Menanti Kemunculan Buku di Layar TV

Diperbarui: 2 September 2016   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada beberapa faktor yang membuat sebuah bangsa dianggap sebagai maju dan oleh karenanya disegani. Bisa dari kemajuan teknologinya, keberaniannya berinovasi, kekuatan ekonominya, bisa juga dari sisi tingkat intelektualita, kemampuan bertoleransi, dan perilaku masyarakatnya yang tertib. Dan semuanya lahir dari kecintaan warga bangsa itu pada satu hal, yaitu buku.

Kerap kita dengar dari berbagai sumber, salah satu yang membedakan bangsa-bangsa maju dari kita adalah kemunculan buku di ruang tunggu. Orang sana melewatkan waktu menunggu dengan tenang karena sibuk membaca. Orang sini resah saat menunggu, sehingga perlu rokok, teman mengobrol, smartphone untuk hiburan, atau bahkan menyela antrean.

Tingkat kecintaan kita warga Indonesia terhadap buku memang masih sangat rendah, kalau tak boleh dibilang menyedihkan. Tingkat minat baca kita juga terhitung salah satu yang paling rendah di dunia. Bahkan menurut sebuah survey yang dilakukan Central Connecticut State University di New Britain, Amerika Serikat, dari 61 negara yang disurvey, Indonesia menempati peringkat 60, alias kedua dari bawah. Di bawah kita ada negara yang embuh ada di mana, yaitu Botswana. Orang kita jauh lebih cinta sinetron daripada buku.

Salah satu faktor yang masih menunjukkan kurangnya apresiasi keseluruhan negeri kita terhadap buku adalah fakta bahwa jumlah durasi kemunculan buku dalam siaran TV nasional sehari-hari selama 24 jam masih berada dalam hitungan detik. Kapan kita pernah melihat sosok buku hadir di layar kaca, terutama stasiun-stasiun TV swasta terrestrial besar seperti RCTI, SCTV, Indosiar, MNCTV, atau ANTV? Hampir tak pernah.

Jangankan memiliki tayangan tersendiri, urusan perbukuan selalu hanya menjadi bahan pelengkap saat membicarakan sesuatu yang lain. Misal saat membicarakan film, barulah buku yang menjadi dasar pembuatannya disebut, dan pengarangnya diprofilkan sepintas. Juga saat membicarakan gaya hidup, buku baru disebut saat pembahasan gaya hidup sampai pada topik bacaan.

Ini semua tak terlepas dari orientasi para pengelola TV free-to-air yang semata berasaskan pada komersialitas. Apa yang sedang disuka, tentulah itu yang akan digeber sampai aus, dalam hal ini dunia entertainment dan politik. Buku dan sastra, di pihak lain, tak pernah dianggap seksi secara komersial, sehingga bahkan tak pernah terpikir oleh para pejabat program director di stasiun-stasiun TV saat menyusun program acara.

Selama ini, penampakan buku secara agak dominan hanya terjadi pada satu mata acara saja, yaitu Kick Andy di Metro TV. Itu pun buku dan penulis hanya menjadi salah satu sub tema, dan kemunculan serta penyebutan rutin hanya terjadi pada sesi giveaway alias bagi-bagi hadiah di setiap episode. Padahal kelahiran programa TV yang mengkhususkan pembahasan pada buku adalah sangat krusial, mengingat betapa besarnya pengaruh media televisi pada pembentukan opini dan habit pada masyarakat.

Nihilnya minat pengeloa kanal-kanal televisi terhadap buku karena bidang ini dianggap tak menjual adalah sama jika kita menganggap semua kutu buku mirip seperti penggambaran di film-film Hollywood—introver, antisosial, canggung, dan berkacamata tebal membosankan. Sebenarnya apakah yang membuat sesuatu itu seksi atau tidak seksi dan layak jual atau tidak? Kita akan lebih membicarakan kemasan dan cara menjualnya daripada mengenai materi dasarnya.

Dibandingkan dengan sepakbola dan bulutangkis yang menyajikan sekuen aksi berdurasi panjang dalam satu sesi bola hidup, baseball adalah cenderung membosankan. Tapi mengapa olah raga ini bisa menjadi salah satu cabang sport terpopuler di Amerika Serikat (dan Jepang)? Tak lain karena cara mengemas, menjual, dan penciptaan imejnya. Hal yang sama berlaku pula untuk buku.

Jika acara talk show TV misalnya, bisa dikemas dengan cara menarik dan menampilkan host yang smart seperti Mata Najwa dan Kick Andy, atau yang menghibur seperti Bukan Empat Mata almarhum, Ini Talkshow, ESPN FC Indonesia, atau Hitam Putih, materi dasar adalah sekadar materi dasar. Bisa memakai apa pun sesuka produsernya—politik, entertainment, hukum, ekonomi, perdukunan, olah raga, sulap, perkapalan, dagelan, whatever—dan tetap tak akan banyak berpengaruh pada nilai daya tariknya.

Anggapan bahwa materi dasar menentukan prospek adalah unsur utama penghambat kemajuan bangsa ini. Celakanya, mayoritas dari kita berpola pikir demikian. Saat melihat cowok atau cewek yang kurang kinclong, kita sudah malas duluan mengakrabi. Memvonis sepihak bahwa dia sudah pasti tidak menarik. Juga ketika sekian tahun lalu perintis bisnis daring menerima vonis dari para pengusaha senior bahwa berjualan lewat internet tidaklah prospektif karena “contoh buktinya tidak ada”.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline