Lihat ke Halaman Asli

Cara Menikmati Kopi yang Benar untuk Kesehatan

Diperbarui: 13 Juni 2023   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kopi merupakan minuman yang paling banyak digemari oleh hampir semua orang di seluruh dunia, termasuk juga oleh masyarakat Indonesia. Memiliki cita rasa yang sedikit pahit, ternyata kopi mengandung antioksidan yang cukup menyehatkan bagi tubuh. 

Dengan minum segelas kopi di pagi hari, akan mampu meningkatkan mood dan daya kerja kita. Tapi, jika kopi diminum dengan cara yang kurang tepat, akan menimbulkan reaksi kesehatan yang kurang bagus untuk tubuh kita, loh. 

Nah, agar tidak menjadi boomerang pada diri sendiri, sebelum minum kopi sebaiknya perhatikan antara campuran, takaran, bahkan jam minum kopi sebagaimana seperti berikut ini; 

Hindari kopi di atas jam 2 siang

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi 400 gram kafein 0,3, dan 6 jam sebelum tidur akan mengganggu kualitas tidur. Jadi hindari minum kopi di atas jam 2 siang jika ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik. 

Jika terpaksa ingin mengakalinya, bisa dengan minum kopi tanpa kafein, atau minum teh hijau pada jam-jam tersebut, agar dapat memenangkan pikiran. 

Kurangi gula sebagai pemanis

Memang, menambahkan sedikit gula dan creamer ke dalam kopi akan menambah kenikmatan, tapi ternyata justru itu juga akan meningkatkan risiko diabetes dan obesitas, sehingga dalam jangka panjang akan kurang baik untuk kesehatan. 

Pilihan alternatif sebagai gantinya, gunakan pemanis alami seperti gula aren, madu, kelapa atau stevia dengan ukuran secukupnya saja. 

Tambahkan kayu manis

Menambahkan sedikit kayu manis tidak hanya membuat rasa kopi menjadi lebih enak dan nikmat, namun kayu manis juga mempunyai banyak manfaat kesehatan seperti untuk menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline