Lihat ke Halaman Asli

Witsandz

Lebih mudah tidur larut malam dibandingkan bangun pagi.

Peran Foto Produk pada Lapak atau Toko Online

Diperbarui: 16 Desember 2020   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: pixabay.com

Belanja online sudah menjadi hal yang umum di masyarakat dewasa ini. Terlebih lagi sejak adanya pandemi Covid-19, volume transaksi toko online meningkat pesat. Karena sifat toko online yang virtual, maka kebutuhan akan foto produk yang dijual melalui toko online menjadi mutlak adanya.

Toko konvensional memberi kesempatan bagi calon pembeli untuk bisa merasakan produk melalui panca inderanya sebelum memutuskan jadi membeli atau tidak. Sementara toko online hanya bisa menyajikan produk secara virtual, hanya melalui foto produk atau video. Meskipun demikian, tidak jarang pembeli tidak bisa atau salah dalam menilai produk yang akan dibelinya.

Kenyamanan yang didapatkan di toko konvensional karena calon pembeli bisa melihat, menyentuh langsung, atau mencium aroma dari produk yang akan dibeli menjadi berkurang di toko online. Oleh karena itu isi foto produk yang dijual di toko online sebaiknya tidak asal-asalan. Bukan juga asal menjiplak atau copy-paste dari lapak atau toko online sebelah jika produk yang dijual serupa.

Ada banyak alasan mengapa foto produk yang dijual di lapak atau toko online sebaiknya jangan asal-asalan. Karena foto produk yang dipajang menjadi jembatan yang mengakomodasi kebutuhan panca indera calon pembeli untuk melihat atau merasakan dengan kondisi virtual lapak atau toko online.

Foto produk adalah hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli.

Setelah judul produk, bukan keterangan atau detail tulisan yang menyertainya, melainkan gambar atau foto produk yang pertama kali dilihat dan dijadikan pertimbangan oleh calon pembeli. Dari sini calon pembeli sudah mulai mempertimbangkan dan membandingkan apakah foto produk yang dia lihat di sebuah lapak atau toko online sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau tidak.

Foto produk yang besar, jelas dan tajam tentu akan sangat membantu bagi calon pembeli dalam melihat dan memahami produk yang sedang dilihatnya di layar komputer atau layar ponsel.

Foto produk membantu calon pembeli untuk lebih paham.

Biasanya penilaian pertama dari calon pembeli adalah apakah benar ini adalah produk yang dia cari atau dia butuhkan. Selanjutnya akan dilihat mulai bentuk, ukuran, warna, bahkan sampai ke detai gambar yang ada. Baru kemudian umumnya mereka akan membaca keterangan atau penjelasan terkait gambar produk tersebut.

Tersedianya foto produk dari sudut pandang lain akan sangat membantu calon pembeli untuk lebih paham dan segera membeli produk tersebut. Demikian juga dengan tambahan foto produk secara close-up sehingga tampak detail produk dengan jelas dan tajam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline