Lihat ke Halaman Asli

nash

jobseeker

Mengenal Apa Itu Philophobia, Perasaan Takut untuk Jatuh Cinta

Diperbarui: 25 Juni 2024   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi patah hati (Freepik/freepik)

Kalau bicara soal cinta, seolah tidak akan pernah ada habisnya. Cinta terkadang hadir tanpa sengaja, bisa spontan begitu saja. Ketika cinta datang, hati terasa berbunga-bunga, perut rasanya dipenuhi ‘Kupu-kupu’, sensasi cinta begitu berbeda.

Ketika cinta hadir, kebahagiaan pun turut menghampiri. Hari-hari jauh lebih berwarna ketika dilalui bersama dia yang kita cinta. Namun, bagaimana dengan pengidap philophobia? Kamu, pastinya sudah nggak asing bukan dengan istilah psikologis yang satu ini, bukan?

Ya, philophobia, kelainan psikologis yang membuat pengidapnya merasa takut untuk jatuh cinta dan mencintai. Ketakutannya akan cinta begitu kuat, mereka merasa sulit bahkan terkadang mustahil untuk merajut dan mempertahankan hubungan cinta di dalam hidupnya.

Menukil dari laman Cleveland Clinic, philophobia sendiri berasal dari Bahasa Yunani. “Philos” artinya mencintai atau dicintai, dan “Phobos” (fobia) adalah kata Yunani untuk rasa takut.

Bila kedua kata tersebut dikaitkan, philophobia merujuk pada makna seseorang yang merasa takut untuk jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Masih menyadur dari laman yang sama, ada berbagai faktor risiko dari seseorang yang mengidap philophobia. Di antaranya adalah.

  1. Riwayat keluarga

Menyaksikan orang tua atau orang yang dicintai bergumul dengan fobia atau gangguan kecemasan mungkin membuatnya cenderung memiliki ketakutan yang sama. Seperti perceraian orangtua, misalnya.

  1. Genetika

Beberapa penelitian menunjukkan, beberapa orang memiliki perubahan gen yang membuat mereka lebih rentan terhadap gangguan kecemasan dan fobia.

  1. Fobia lainnya

Memiliki lebih dari satu fobia adalah hal yang umum. Seseorang yang takut akan cinta mungkin juga takut akan komitmen (gamophobia), penolakan, atau pengabaian.

Lalu, apa saja tanda-tanda dari seseorang yang mengidap philophobia?

  1. Trauma menjalin hubungan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline