Lihat ke Halaman Asli

Apa Perlunya Membangun Personal Brand di Dunia Karir

Diperbarui: 14 Oktober 2017   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Personal Branding

Di berbagai seminar/training personal branding yang saya lakukan, selalu ada pertanyaan peserta yang mirip judul tulisan di atas. Pertanyaan 'klasik' tersebut wajar terlontar, karena mayoritas orang mengira bahwa personal brand 'hanya' dibutuhkan para artis supaya tersohor di kancah hiburan. Pun bagi politisi yang sedang berlaga di pileg/pilkada/pilpres untuk memenangkan hati rakyat pemilihnya. Personal brand sering diartikan secara sempit sebagai popularitas, yang mana profesional atau pekerja karir 'dianggap' tidak memerlukannya. So, apakah benar demikian?

Seorang profesional selayaknya ahli dibidang yang ditekuni. Pun harus punya kepribadian yang memegang teguh komitmen serta nilai profesionalisme. Namun untuk mencapai sukses maksimal, hanya mengandalkan kedua hal tersebut tidaklah cukup. Dunia karir terkini adalah kancah persaingan yang super dahsyat dan ketat. Berbagai orang dengan latar belakang pendidikan tinggi dengan keahlian/kompetensi mumpuni serta memiliki kepercayaan diri dan kepribadian kuat tumpah ruah menjadi satu. Bagai lautan luas biru tak bertepi, semua kandidat tampak sama belaka.

Tak Kenal Maka Tak Sayang. Peribahasa tersebut sepertinya masih relevan di dunia kerja. Ya, seorang pekerja/profesional perlu strategi jitu agar perusahaan/orang lain mengenal mereka dengan berbagai kemampuan/kompetensi yang dimiliki. Mereka harus dikenal terlebih dahulu sebelum orang berlanjut menyukai dan memilih. Jadi popularitas seorang profesional di dunia karir tetap diperlukan meski tidak seheboh artis papan atas.

Mereka hanya perlu dikenal oleh orang-orang didunia kerja yang berkaitan dengan karir/pekerjaan yang dimiliki. Tapi mereka harus bisa menunjukkan perbedaan potensi dirinya bila dibandingkan orang lain di bidang keahlian/kompetensi yang sama. Punya keunikan dan spesialisasi yang mampu mencuri perhatian orang untuk mengenal lebih jauh dan disukai. Tujuannya agar terpilih secara mutlak dari sejumlah kandidat potensial yang ada.

Sehingga mereka butuh personal branding, karena Personal Branding di dunia karir adalah proses menjadikan diri anda terlihat & terpilih dari sejumlah kandidat.  Ada 3 hal (3M) yang menjadi alasan mengapa perlu membangun personal branding di dunia karir.

(M1) Membangun diferensiasi

Dengan tingkat kompetisi yang semakin hyper, maka menciptakan diferensiasi adalah hal utama untuk keberhasilan Anda. Perbedaan itu harus tampak nyata sehingga anda mudah dikenali. Keunikan tampilan, kepribadian dan keahlian/kompetensi yang dimiliki membuat fokus perhatian orang hanya tertuju kepada anda.

Sehingga orang-orang yang memerlukan bidang keahlian/kompetensi dimana anda berkiprah tanpa ragu memilih anda di antara sekian banyak orang yang punya keahlian/kompetensi yang sama. Anda harus memiliki Unique Selling Preposition (USP) sebagaimana yang berlaku di pemasaran produk komersial (Haroen, 2014).

USP adalah  hal yang membedakan produk atau jasa (yang dalam konteks personal branding adalah diri anda) terhadap pesaing lainnya.  Bukan unik yang asal tampil beda, namun kekhasan yang mampu menyihir orang-orang di dunia kerja untuk tertarik kepada karakter, kompetensi atau keahlian anda. Agar disukai dan dipilih.

Sedangkan tanpa USP anda akan tenggelam di tengah-tengah lautan kompetisi pasar kerja yang sengit. Anda akan menjadi komoditi yang banyak dan tak terlihat. Anda dianggap sama dengan yang lain dan dipandang sebelah mata. Tak punya daya tarik. Kesempatan membuktikan jati diri yang sebenarnya tidak pernah terbuka. Sehingga anda tak pernah menikmati sukses karir sebagai profesional.

(M2) Membangun positioning

Dalam persaingan apapun, positioning sangat menentukan kemenangan. Brand yang dibangun melalui proses branding akan menentukan dimana posisi kita dari sekian pesaing yang Anda hadapi. Anda harus memiliki strategi  jitu dan memilih ceruk yang tepat untuk pemasaran diri. Positioning harus sesuai dengan karakter, kompetensi dan kekuatan (3K) yang Anda miliki.

Ada 4 syarat untuk membangun positioning yang baik (Kartajaya, 2007) yaitu :

  • Harus mencerminkan keunggulan kompetitif
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline