Lihat ke Halaman Asli

Wita Intan Masitah

Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN-SU kelompok 171 KKN-DR.

Model-model Pembelajaran Khas Bahasa Indonesia

Diperbarui: 17 Agustus 2020   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Pembelajaran terpadu dalam pembelajaran bahasa Indonesia 

Dalam pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Indonesia, dilandasi oleh pemikiran bahwa aspek-aspek bahasa selalu digunakan secara terpadu, tidak pernah bahasa digunakan secara terpisah, aspek demi aspek. Pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yang menghubungkan aktivitas anak berinteraksi dengan lingkungan dan pengalaman dalam kehidupannya. Di kelas-kelas yang lebih tinggi (4-6 sekolah dasar), pembelajaran aspek-aspek keterampilan berbahasa diberikan secara terpadu. 

Misalkan:

a. Menyimak dan berbicara

b. Menyimak dan menulis

c. Membaca dan menyimak

d. Membaca dan menulis

e. Menulis dan bercerita. 

B. Alternatif strategi pembelajaran bahasa Indonesia 

1. Pembelajaran kooperatif

2. Pembelajaran keterampilan proses

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline