Lihat ke Halaman Asli

Wita Suci Ardiani

Mahasiswa UPNVJ

UPNVJ Hadirkan Sains Informasi sebagai Prodi yang akan Dibutuhkan di Masa Depan

Diperbarui: 27 Oktober 2023   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada Selasa, (21/6) melalui akun instagramnya, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta(UPNVJ) secara resmi mengumumkan dibukanya program studi baru, yakni Sains Informasi. Prodi Sains Informasi ini tentunya akan menjadi wajah baru di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sejak tahun ajaran 2022/2023 sampai kini masih berlanjut di tahun ajaran 2023/2024.
UPNVJ menghadirkan Sains Informasi dengan tujuan menciptakan atau menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang preservasi data dan pengelolaan informasi sosial yang berwawasan digital untuk pembangunan nasional.

Jika di beberapa universitas lain, prodi Sains Informasi ini digabungkan dengan ilmu geografi atau perpustakaan, UPN "Veteran" Jakarta justru memisahkan dan mengkhususkan prodi ini untuk berdiri sendiri. Sains Informasi dinilai mampu bersaing menjadi salah satu program studi unggulan di bidang ilmu teknologi informasi. Banyak orang bertanya-tanya terkait UPN "Veteran" Jakarta yang menempatkan Sains Informasi ini di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(FISIP). Padahal jika dilihat dari bidangnya, Sains Informasi terlihat lebih cocok ditempatkan di Fakultas Ilmu Komputer (FIK) bersama prodi-prodi jajarannya yang memiliki beberapa pembelajaran di bidang yang sama,yaitu teknologi informasi.

Namun, UPN "Veteran" Jakarta memiliki alasan tersendiri mengapa Sains Informasi ditempatkan di ranah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(FISIP), yakni karena Sains Informasi tidak hanya mempelajari tentang teknologi informasi, tetapi juga menelaah dan melakukan kajian terhadap teori,prinsip,teknik,dan teknologi berbagai disiplin ilmu yang dapat menyelesaikan permasalahan tentang informasi. Berbagai disiplin ilmu yang dimaksud, yaitu ilmu komputer, ilmu kognitif, psikologi, komunikasi, ekonomi, dan manajemen. Disiplin ilmu tersebut dimaksudkan untuk pemrosesan, distribusi, dan penggunaan informasi yang efektif.

Sains informasi sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari mengenai cara mengolah dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang tepat sekaligus dibutuhkan. Pada era teknologi yang semakin canggih ini, tentunya Sains Informasi menjadi salah satu prodi penting yang akan banyak dibutuhkan untuk menopang kebutuhan teknologi di masadepan, apalagi kini telah memasuki era revolusi industri 4.0, dimana segala sesuatunya melibatkan teknologi. Prospek kerja yang menjanjikan membuat Sains Informasi menjadi prodi yang kedepannya akan terus dikembangkan oleh UPN "Veteran" Jakarta. Beberapa prospek kerja yang dapat diambil oleh lulusan Sains Informasi, diantaranya data scientist, data analyst, data engineer, dan sebagainya. Selain itu, lulusan Sains Informasi juga dapat berkarir di sektor industri yang membutuhkan tenaga ahli sains data.

Saat ini, prodi Sains Informasi UPN "Veteran" Jakarta baru memiliki 2 angkatan awal, yakni angkatan 2022 dan 2023. Walaupun usianya baru seumur jagung, kualitas pembelajaran dan tenaga pengajar di prodi ini sudah cukup bagus dan mumpuni. Banyak yang bilang, materi pembelajaran pada prodi ini mencakup ranah IPA dan IPS, yakni menggabungkan disiplin ilmu teknologi informasi dan beberapa bidang dalam kehidupan manusia seperti ekonomi, sosial, komunikasi,dan sebagainya. Dengan begitu, mahasiswa Sains Informasi mendapatkan materi dengan jangkauan yang luas.

Nah Ini dia beberapa alasan kalian harus memilih sains informasi UPNVJ !
Pertama, teknologi yang berkembang pesat seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin dan analisis data besar, sehingga dibutuhkannya tenaga ahli di bidang ini.
Kedua, kebutuhan akan pengelolaan data yang terus meningkat.
Ketiga, UPNVJ menyiapkan tenaga pengajar  yang mumpuni di bidang ini.
Keempat, memiliki prospek kerja yang akan sangat dibutuhkan di masadepan untuk menopang kebutuhan teknologi.

Gimana nih teman-teman, tertarik jadi generasi sains informasi selanjutnya?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline