Lihat ke Halaman Asli

St.Wisnu Wijaya

Love to learn user experience and big data to solve business and social issues.

4 Langkah Praktis Digital Campaign

Diperbarui: 13 April 2022   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Sampai dengan bulan Februari 2022, penggunaan media sosial di Indonesia menunjukkan pemanfaatan yang signifikan. Total pengguna media sosial adalah 191,4 juta pengguna atau 68,9 persen dari total populasi. Pengguna media sosial ini mencapai 88,5 % dari total populasi berumur diatas 13 tahun. Terjadi peningkatan sebesar 12,6 % dari tahun 2020. Di saat lain, jumlah waktu yang digunakan untuk menggunakan media sosial adalah 3 jam 17 menit atau 3 menit lebih banyak dari tahun sebelumnya. Tahun ini pun jumlah pengguna laki laki terlihat lebih banyak dari pada pengguna perempuan dengan perbandingan 46,5: 53,5.

Tentu saja angka angka diatas adalah statistic yang perlu dicermati dan direspon oleh dunia bisnis maupun pengambil kebijakan dengan baik. Jumlah yang luar bias aini menunjukkan bahwa media sosial merupakan ruang digital yang banyak diadopsi oleh masyarakat untuk menjembatani pertemuan, interaksi dan menyuarakan pendapat.

Bagi dunia bisnis, perlu memanfaatkan media sosial ini secara strategis untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan membangun reputasi perusahaan maupun brand yang dimiliki. Bagi pengambil kebijakan, maka media sosial merupakan fasilitas yang baik untuk menyebarluaskan berbagai informasi kebijakan. Pertanyaannya, bagaimana langkah langkah dalam menjalankan kampanye digital?

Langkah 1: Listening dengan menggunakan Big Data untuk mendengarkan percakapan di media sosial

Langkah 2 A: Identifying relevant theme berdasarkan  Big Data  

Langkah 2B: Identifying stakeholder dan percakapanya  yang relevan berdasarkan Big Data.

Langkah 3: Engaging in the conversation dengan membangun percakapan dan interaksi yang purposefull

Langkah 4 :Evaluasi: gunakan Big Data untuk mengevaluasi percakapan anda.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline