Lihat ke Halaman Asli

Cara Mudah Membersihkan RAM Komputer

Diperbarui: 12 Januari 2023   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

RAM Komputer, dok. pribadi

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu hardware penting dalam sebuah perangkat komputer. RAM memiliki banyak jenis dan kapasitas yang berbeda beda. Jadi perlu kita perhatikan jenis RAM yang akan kita pakai dengan Motherboard perangkat komputer tersebut. 

Komponen komputer perlu perawatan minimal 1 tahun sekali untuk menghindari penurunan performa atau kerusakan komponen. Salah satunya adalah RAM. RAM yang kotor atau berdebu bisa menyebabkan panasnya komponen tersebut sehingga menurunkan performa yang dihasilkan. Pembersihan RAM pun sangat mudah dilakukan, namun harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi kerusakan ataupun arus pendek.

Bahan yang perlu kalian siapkan hanya Penghapus pensil yang biasa kalian gunakan dan kuas halus. Langkah langkahnya yaitu ;

1. Cabut sumber energi yang mengalir pada komputer. Pastikan sudah tidak ada sumber listrik yang mengalir pada komputer.

2.Buka case pada komputer kalian 

3. Hilangkan listrik statis yang ada pada tubuh kalian dengan cara melepas alas kaki lalu tempelkan kedua telapak kaki dan tangan kalian pada lantai rumah. Tunggu sekitar 10 detik 

4. Buka pengunci RAM yang ada pada motherboard kalian, lalu lepaskan RAM tersebut secara perlahan.

5. Bersihkan RAM dari debu menggunakan Kuas halus.

6. Bersihkan bagian yang berwarna kuning menggunakan penghapus pensil. Gesek secara perlahan untuk mengurangi resiko kerusakan.

Bersihkan Bagian Kuning Tersebut, dok. pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline