Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Sejarah dengan Model PJBL di Kelas X Ips 2 Sma Negeri 1 Balapulang

Diperbarui: 11 Desember 2022   19:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru dalam mendukung suatu model pembelajaran. Guru dan peserta didik dapat menggunakan media pembelajaran yaitu aplikasi Canva. Canva  merupakan  aplikasi  yang  menyediakan pilihan template, membuat logo, poster ,desain,kemasan, dan fitur-fitur yang ada didalamnya. Dengan aplikasi Canva ini guru bisa mendesain proses pembelajaran agar tidak membosankan sehingga media ini dapat dimanfaatkan dalam kehidupan. Dengan aplikasi Canva guru pun lebih mudah dalam membuat bahan ajar untuk siswanya semenarik mungkin. Cara untuk membuat video  pembelajaran  yang  mudah  dan menarik adalah dengan menggunakan aplikasi yang menawarkan template-template dalam menggunakan pembelajaran dalam bentuk aplikasi Canva ini dilakukan dengan menggunakan metode diskusi antara guru dengan peserta didik untuk mencari metode pembelajaran seperti apa yang disukai siswa untuk menjalankan proses pembelajaran nantinya. Diskusi ini dilakukan sejauh mana  persoalan  dalam  membuat  bahan  ajar serta penggunaan aplikasi Canva ini agar melatih kreativitas siswa hasil akhir dari kegiatan ini peserta didik mempunyai gambaran Canva.

Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam lingkungan belajar yang membutuhkan komponen-komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, materi, pendidik, peserta didik, metode, media pembelajaran, dan evaluasi. Media adalah bentuk komunikasi yang digunakan manusia sebagai individu atapun berkelompok untuk bertukar informasi. Media dalam proses belajar mengajar adalah alat untuk menyampaikan pesan-pesan atau materi dalam pembelajaran. pembelajaran sejarah diyakini mampu mengembangkan sifat dan karakter peserta didik serta memperkuat identitas generasi muda ditengah arus globalisasi pada masa sekarang.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Said Hamid Hassan bahwa melalui pendidikan sejarah para generasi muda mampu memahami bagaimana bangsa ini lahir dan berkembang, serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa lampau serta bagaimana strategi menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga generasi penerus bangsa dapat belajar untuk membentuk kehidupan masa depan bangsa yang lebih baik. Selanjutnya pembelajaran sejarah sebagai implementasi dari pendidikan kebangsaan, ternyata memiliki citra sebagai kegiatan belajar yang kurang menarik, membosankan, dan bersifat hafalan serta tidak mampu mengembangkan kemampuan berfikir kritis.

Sebenarnya, pembelajaran sejarah tidak akan dianggap sebelah mata jika guru sejarah dapat mengemas pembelajaran sejarah secara menarik, banyak sekali macam-macam metode belajar yang dapat digunakan untuk memancing peserta didik menjadi lebih aktif dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam pembelajaran sejarah. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat berpengaruh dalam dunia pendidikan (Setiawan, 2018) (Indrajit, 2012). Pendidikan sendiri merupakan hal yang sangat penting bagi setiap generasi terkhusus  generasi muda dalam kemajuan ilmu pendidikan yang baik dan bisa meningkatkan wawasan kita tentang sumber daya manusia dalam suatu  negara  (Pirdaos, 2015). Sedangkan menurut Ihsan (2005: 1) makna pada  pendidikan yaitu sebagai "usaha yang menumbuhkan serta mengembangkan potensi-potensi pembawaan." (Wisata et al., 2016). Pendidikan artinya sebagian dalam kehidupan bermasyarakat tidak terpisah juga dari berkembang atau  berubah nya, pendidikan bisa berkembang dan berubah setiap tahunnya tergantung perkembangan teknologi yang ada (Bondy et al., 1994).

Media bisa diartikan sebagai komponen alat dalam sistem pembelajaran (Rohani, 2019)(Hapsari & Zulherman, 2021) pada arti luasnya, media bisa diartikan sebagai pemanfaatan secara maksimum seluruh  komponen  sumber dan sistem belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu (Fitria et al., 2021). dapat diartikan bahwa media pembelajaran merupakan alat atau perantara dalam membantu proses belajar mengajar antara guru dengan peserta didik dalam mewujudkan pembelajaran yang baik serta berbasis pada teknologi (Balandin et al., 2010). salah satu berasal sekian banyak nya aplikasi teknologi yang sudah hadir yaitu aplikasi Canva (Purwati & Perdanawanti, 2019). Canva adalah sebuah program untuk mendesain secara online yang menyediakan seperti presentasi,resume,poster, pamplet,  grafik,  spanduk,dan sebagai  nya yang ada diaplikasi canva (Rahmatullah et al., 2020).

Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya memiliki desain yg menarik (Garris Pelangi, 2020). dapat meningkatkan kreativitas baik guru maupun peserta didik dan dalam mendesainnya pun tak harus menggunakan laptop,bisa juga diandroid (Oktiani, 2017). Disamping kelebihan nya aplikasi canva ini juga mempunyai kelemahan yaitu kita harus memiliki paket  data supaya bisa tersambung kedalam aplikasi nya (Makkulau et al., n.d.). Selain itu ada beberapa template Pembelajaran yang sifatnya berbayar. Daya tarik berasal aplikasi canva buat bahan ajar diantaranya adalah konten yang menarik dan memiliki nilai pendidikan apabila peserta didik tertarik dalam melihat konten tersebut maka, (Bakri et al., 2021) Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai inti pembelajaran (permendikbud, 2014:20). Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek dimana peserta didik bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pembelajarannya dan mengkulminasikannya dalam produk nyata (Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana, 2009:30).

produk nyata yang dihasilkan adalah poster dalam kegiatan model pjbl ini misalnya. peserta didik menghasilkan poster atau infografis tentang materi pembelajaran sejarah. Membentuk konten dengan Canva dalam menyampaikan materi ajar buat siswa, hal yang sangat penting ialah konten yang berisi pendidikan yang mampu menarik perhatian peserta didik agar tertarik dalam melihat konten yang didesain. Apapun bentuk kontennya untuk membuat jenis huruf, animasi dan lainnya. Manfaat Canva Selain dipergunakan  buat  mendesain  konten  pada media sosial, Canva bisa digunakan untuk melakukan desain lain, seperti

membuat logo, poster, banner iklan, dan lainnya. Desain-desain yang bisa dimanfaatkan diantaranya Logo dapat digunakan sebagai sarana branding dari usaha yang dilakukan. serta untuk mendesain bagaimana logo, pada Canva aplikasi canva ada beberapa pilihan template yang telah disediakan atau buat sendiri oleh aplikasinya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline