Lihat ke Halaman Asli

Raden Muhammad Wisnu Permana

Akun resmi Raden Muhammad Wisnu Permana

GTA San Andreas, Game Legendaris yang Masih Dimainkan Banyak Gamer Sampai Sekarang

Diperbarui: 4 Juni 2021   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi GTA San Andreas (Foto : Rockstar Games)

Grand Theft Auto San Andreas adalah game legendaris yang dirilis pada tahun 2004 pada platform PlayStation 2 dan Xbox. Versi Pcnya dirilis pada tahun 2005. Game ini memiliki setting tempat di tiga kota besar Amerika, yakni Los Santos (Los Angeles), San Fierro (San Fransisco), dan Las Venturas (Las Vegas). Game ini betul-betul begitu populer saat awal kemunculannya karena merupakan salah satu game tercanggih pada masanya dengan map yang begitu luas, jalan cerita yang luar biasa, dan banyak hal yang bisa pemain lakukan disamping menamatkan jalan ceritanya saja.

Tapi hingga tahun 2021, dengan dirilisnya Grand Theft Auto IV dan Grand Theft Auto V, dengan grafis dan gameplay yang jauh lebih canggih, masih banyak gamer yang masih memainkan game ini. Di forum-forum game ataupun kanal YouTube pun, masih banyak juga orang yang membahas segala sesuatu yang ada di game ini, padahal sudah lebih dari 15 tahun sejak game ini pertama kali dirilis pada tahun 2004. Mari kita telisik.

Game yang Ringan

Grand Theft Auto San Andreas adalah game yang ringan sehingga saat ini banyak pemain yang masih memainkan game ini dengan sedikit Mod untuk bersenang-senang. Game  yang dirilis pada tahun 2004 betul-betul tentu saja menyesuaikan spesifikasinya dengan platform pada masa itu, yakni PlayStation 2, Xbox, dan juga PC yang tidak memerlukan spesifikasi yang berat pada ketiga platform tersebut.

Ini jauh berbeda Grand Theft Auto IV dan Grand Theft Auto V ini terlalu berat bahkan pada platform PlayStation 3 dan PlayStation 4 sekalipun. Banyak pemain yang mengeluhkan turunnya FPS atau terjadi lag terutama saat pemain berjalan di tempat yang memiliki banyak gedung pada kecepatan tinggi. Apalagi, tidak banyak orang di dunia ini yang memiliki PC dan laptop gaming sehingga Grand Theft Auto San Andreas lebih relevan untuk dimainkan dibandingkan kedua sekuelnya tersebut.

Sampai tahun 2021 saya malah belum pernah memainkan Grand Theft Auto V karena spesifikasinya terlalu tinggi dimana laptop kentang saya tidak bisa memainkannya sama sekali saking tingginya spesifikasi yang harus dimiliki untuk dapat memainkannya.

Game yang Memorable

Grand Theft Auto San Andreas adalah game yang sangat memorable tidak saja bagi saya yang termasuk Generasi 90an, tetapi bagi orang yang lahir di atas tahun 2000 pun, pasti mengenal game ini karena sudah banyak dijadikan meme oleh berbagai orang di seluruh dunia pada berbagai kesempatan yang ada. Bahkan setelah lebih dari 15 tahun sejak pertama dirilis, masih banyak orang yang mengingat dan tahu siapa itu Carl Johnson, Ryder, Sweet, Smoke dan Tenpenny sebagai tokoh utama dalam game ini.

Selain itu, sebagai game open world terbaik pada masanya, game ini betul-betul inovator ulung yang menjadikan sebuah standarisasi dan suri tauladan sempurna tentang bagaimana game open world ini dibuat mulai dari grafik, jalan cerita, musik, hingga karakternya. Banyak game yang saat ini meniru formula tersebut termasuk dua sekuelnya sendiri.

Jalan Cerita yang Luar Biasa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline