Lihat ke Halaman Asli

Wisnu Maherda Syahputra

Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Padjajaran

Alasan Mengapa Pertempuran Fancheng Bisa Disebut Sebagai Pertempuran yang Mengubah Takdir Kerajaan Shu Sepenuhnya

Diperbarui: 23 Juni 2024   12:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh Shang Xi - wartburg.edu

Pernahkah kalian mendengar atau memainkan game Dynasty Warriors? Game ini cukup terkenal di kalangan bocah-bocah SD sampai SMP disekitaran tahun 2000-an. Jika kalian setidaknya pernah memainkan game ini, pasti kalian tahu tentang stage bernama Battle of Fan Castle atau Pertempuran Fancheng dimana salah satu karakter favorit kita semua —termasuk saya sebagai penulis— Guan Yu, menemukan ajalnya didalam stage tersebut. Ternyata, Pertempuran Fancheng ini juga ada di dunia nyata, tepatnya pada akhir masa dinasti Han yaitu di masa Tiga Kerajaan.

Awal Pertempuran


Pertempuran Fancheng adalah pertempuran yang melibatkan tiga kubu, yaitu Kerajaan Shu, Kerajaan Wei, dan Kerajaan Wu pada tahun 219. Pertempuran Fancheng didasari oleh keinginan Guan Yu untuk memperluas daerah kekuasaan dari Shu yang baru saja memenangkan pertempuran di Hanzhong yang memukul mundur pasukan Wei dan menghilangkan ancaman terdekat terhadap ibukota Shu saat itu, yaitu Chengdu.

Beranggapan bahwa Dewi Fortuna masih berada di pihak Shu, Guan Yu pun berangkat untuk berperang melawan Wei di Utara. Memasuki daerah Xiangyang, pasukan Shu yang dipimpin oleh Guan Yu berhasil memukul mundur pasukan Cao Ren dan membuat mereka mundur ke Fancheng. 

Di Fancheng, Guan Yu membanjiri Fancheng dengan membuka bendungan sungai Han yang menghancurkan sebagian besar pasukan Wei di Fancheng. Guan Yu juga berhasli membunuh Pang De dan membuat Yu Jin menyerah di pertempuran ini, namun disisi lain, Guan Yu juga menerima luka akibat tembakan panah milik Cao Ren.

Akibat dari luka panah tersebut yang ternyata beracun, Ma Liang, penasihat dari Guan Yu, memanggil tabib Hua Tuo dan mengobati luka Guan Yu seraya memberi pesan kepadanya agar menjaga temperamennya dan tidak ikut ke dalam pertempuran dalam waktu dekat karena lukanya akan terbuka jika melakukan hal itu, namun Guan Yu menolaknya.

Melihat kekacauan pasukannya di Fancheng oleh Guan Yu, Cao Cao meminta Sima Yi untuk mengirimkan surat tentang beraliansi untuk membasmi Guan Yu, namun Sun Quan menolak pada awalnya karena tidak ingin merusak aliansi antara Shu dan Wu. Tetapi setelah Guan Yu menolak mentah-mentah permintaan Sun Quan untuk menjadi besan, Sun Quan akhirnya menerima ajakan beraliansi dari Cao Cao.

Membelotnya Wu dan Kematian Guan Yu

Di sisi lain, Wu juga mempersiapkan taktik untuk menyerang Shu dari belakang setelah Sun Quan menerima ajakan beraliansi dari Cao Cao untuk membunuh Guan Yu. Ajakan aliansi yang dikirim oleh Sima Yi atas permintaan Cao Cao ini pada awalnya ditolak oleh Sun Quan, namun setelah mendapat penolakan dari Guan Yu tentang permintaan pernikahan dari Sun Quan itu sendiri membuat ia menerima ajakan aliansi tersebut.

Sun Quan pun menyuruh Lu Meng untuk membantu Wei menyerang Guan Yu. Lu Meng dengan taktik pura-pura sakitnya, berhasil membuat lengah para pasukan Shu termasuk Guan Yu itu sendiri dan membuat mereka merasa bahwa Wu tidak akan mengancam mereka selagi mereka menyerang Fancheng, namun Ma Liang berpendapat sebaliknya, ia menyarankan agar Guan Yu tetap waspada akan serangan dari belakang. Hal itu membuat Guan Yu menempatkan beberapa menara pengawas untuk mengawasi gerak-gerik Wu.

Sayangnya taktik tersebut berhasil digagalkan oleh Lu Meng dengan menyerang pos-pos tersebut secara senyap dan memanfaatkan kelengahan-kelengahan pasukan Shu yang bahkan diantaranya ada yang sedang berpesta ria. 

Lu Meng juga berhasil membuat Mi Fang dan Fu Shiren membelot ke dalam kubu Wu karena mereka berdua merasa tidak puas akan kepemimpinan Guan Yu. Setelah merebut pos-pos ini, Lu Meng melanjutkan serangannya terus-menerus hingga ia menguasai Nan Jun, kota atau camp yang didiami Guan Yu sebelum mereka menyerang Fancheng.

Sadar akan pengkhianatan Wu dan jatuhnya Nan Jun ke tangan Lu Meng, Guan Yu memutuskan untuk merebut kembali Nan Jun alih-alih melanjutkan serangannya ke Fancheng atau berdiam diri dan bertahan di Xiangyang sembari meminta bantuan ke Yizhou (Liu Bei). Melihat Guan Yu mundur ke Nan Jun, Cao Ren dengan tambahan pasukan yang diberikan oleh Cao Cao yang dipimpin oleh Xu Huang, memutuskan untuk menyerang Guan Yu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline