Lihat ke Halaman Asli

Wisnu Dwianggoro

Universitas Pamulang

Artikel Revolusi Teknologi

Diperbarui: 12 April 2022   18:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Arti Revolusi Teknologi

Di bidang komunikasi terjadi perkembangan yang sangat-sangat pesat, para ahli menyebutnya sebagai revolusi komunikasi. Perkembangan di bidang komunikasi yang sangat pesat ini di dukung karena adanya penemuan-penemuan yang terus berkembang. dengan teknologi saat ini saja, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lainnya tanpa ada batasan waktu, jarak, jumlah, kapasitas dan kecepatan. Masih ingat dulu, ketika masih kecil belum ada televisi, adanya radio. Baru setelah itu muncul tv yang hanya hitam putih, chanelnya pun baru ada tvri saja. 

Kita bisa lihat saat ini, perkembangan televisi demikian pesatnya, muncul tv-tv yang led dengan kualitas gambar HD, ada juga berbagai penyedia chanel tv premium, parabola, bahkan chanel tv yang di luar negeri pun bisa kita nikmati disini.Perkembangan dari segi komunikasi dan informasi juga demikian, sebelum adanya internet komunikasi dilakukan melalui saluran konvensional seperti pos, hingga berkembang melalui telepon dan sms. 

Kini komunikasi sudah bisa dilakukan via sosial media, whatsapp, instagram, dll yang lebih cepat, murah dan mudah. Dalam mendapatkan informasi juga tinggal buka gadget, search google atau langsung buka di media-media terpercaya Indonesia. Tidak hanya dari segi komunikasi sebenarnya, tapi di bidang-bidang lainnya seperti sosial, budaya, pertanian, perikanan dan lain sebagainya juga mengalami revolusi teknologinya. 

Kita juga dapat melihat perkembangan teknologi pertanian sebagai sebuah revolusi teknologi pertanian. Misal saja pada teknologi untuk membajak sawah, jika dulu menggunakan media cangkul, kini sudah menggunakan traktor yang lebih efektif dan efisien. Secara umum teknologi memberikan dampak positif sebagai alat bantu untuk mendukung manusia dalam melakukan keberlangsungan hidupnya. Teknologi memberikan kemudahan, ketepatan dan kecepatan. 

 1. Dampak Positif dan Negatif Teknologi dalam bidang teknologi informasi komunikasi

Perkembangan teknologi informasi komunikasi sebagai bidang yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia, karena komunikasi adalah bagian dari kehidupan. Tanpa komunikasi, maka semua akan menjadi hampa tak bermakna.Dengan komunikasi kita bisa mengerti ilmu pengetahun dan banyak informasi yang mendukung penelitian-penelitian dalam rangkan meningkatkan teknologi. Setiap hari manusia juga berkomunikasi, adanya teknologi membuat komunikasi semakin mudah, cepat dan tanpa ribet.

Orang tidak perlu lagi ke kantor pos untuk berkomunikasi dengan saudara yang jauh, orang juga tidak perlu pergi ke wartel untuk telepon. Tapi sekarang sudah ada smartphone yang memungkinkan komunikasi jarak jauh hanya bermodalkan akses internet saja.

              A. Dampak positif

  • Semakin mudah dan cepat dalam mencari informasi atau berita 
  • Internet sebagai media komunikasi yang efektif : e-mail, aplikasi chatbot whatsapp, bbm, dll 

  • Internet sebagai media hiburan (sosial media, youtube, blog dll) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline