Lihat ke Halaman Asli

Wisnu W

Just started writing

Digitalisasi Layanan Perbankan Perlu Data Center Tangguh dan Berkelanjutan

Diperbarui: 18 Maret 2022   00:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Banyaknya masyarakat yang belum mempunyai akses pada perbankan konvensional membuat pertumbuhan layanan perbankan digital melalui telepon selular (ponsel) pintar berpotensi naik. Layanan keuangan digital pada ponsel pintar diyakini dapat menjadi solusi yang menjembatani penyediaan akses layanan yang belum terjamah oleh perbankan konvensional tersebut, apalagi jumlah pengguna ponsel pintar di Indonesia sangat banyak, yang sejauh ini mencapai 167 juta orang atau 89% dari total penduduk.

Untuk mewujudkan digitalisasi layanan perbankan konvensional yang tangguh dan berkelanjutan, pembangunan infrastruktur bank digital perlu membangun data center yang dapat sefleksibel mungkin mengakomodasi pertumbuhan penggunaannya, menyediakan wawasan dan transparasi data untuk meningkatkan keandalan serta tetap memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Arsitektur EcoStruxure Modular Data Center dari Schneider Electric yang telah banyak dipakai untuk mendukung sektor keuangan di dunia dapat menjadi solusi data center yang memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan dengan kemampuannya diskalakan (scalable) dan dapat ditempatkan di kondisi lingkungan seperti apapun.

Ditambah perangkat lunak Data Center Infrastructure Management (DCIM) pada platform EcoStruxure IT, memungkinkan adanya wawasan real-time terhadap kinerja data center dengan pengambilan keputusan yang tepat. Dengan visibilitas yang menyeluruh terhadap penggunaan energi, kinerja peralatan, dan kondisi ruangan, pelaku perbankan dapat mengoperasikan data center-nya dengan lebih efisien.

Algoritma kecerdasan buatannya pun menyediakan kemampuan menganalisa data untuk memberikan wawasan serta mengidentifikasi potensi masalah yang dapat ditindaklanjuti dengan tindakan preventif.

Menggunakan solusi data center dari Schneider Electric ini, EximBank Indonesia merupakan salah satu bank yang telah berhasil mewujudkan digitalisasi layanan perbankannya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline