Lihat ke Halaman Asli

Menghindari Kekecewaan Saat Merencanakan Liburan

Diperbarui: 5 Juli 2015   00:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Meluangkan waktu berlibur

Merencanakan berlibur jauh-jauh hari memang sudah menjadi impian beberapa orang. Terlebih bagi mereka yang memang sulit menemukan waktu cocok untuk quality time bersama keluarga. Mau tak mau tentu saja mereka mempersiapkan segalanya dengan hati-hati, hingga mengatur schedule dari awal tahun. Hal ini lumrah memang terjadi pada sebagian besar keluarga modern di Indonesia, entah itu pada pasangan pekerja ataupun anak-anak yang bersekolah di luar kota.

Biasanya para orangtua memilih momen liburan sekolah untuk membawa buah hati ke tempat yang diinginkan. Entah itu di dalam negeri ataupun ke luar negeri, guna menikmati pemandangan alam ataupun wisata yang ada. Salah satu tujuan wisata yang paling banyak dipilih sebenarnya adalah pulau Dewata, Bali. Destinasi wisata satu ini memang kerap kali dikunjungi oleh turis mancanegara maupun turis domestik karena keindahan alam serta keramahan masyarakatnya.

Bagi Anda yang berencana mencari tempat berlibur, Bali mungkin bisa menjadi alternatif tempat berlibur pilihan. Apalagi begitu banyak travel agent yang dapat membantu Anda merencanakan berlibur bersama keluarga. Walaupun ada begitu banyak paket wisata yang ditawarkan oleh travel agent, nyatanya Anda pun harus teliti dan berhati-hati dalam memilihnya. Pasalnya ada beberapa orang yang pada akhirnya merasa menyesal karena salah memilih travel agent liburan.

Tips menghindari kekecewaan

Untuk membantu Anda mengantisipasi kekecewaan berlibur, ada baiknya mengikuti beberapa tips memilih travel agent berikut.

1.   Jangan mudah tergiur dengan harga paket murah

Mengingat persaingan pasar yang semakin ketat, tak salah rasanya bila banyak travel agent yang berlomba-lomba memberikan harga murah. Bahkan ada beberapa travel agent yang sengaja melakukan perang harga guna menarik minat calon konsumen. Perlu ditekankan sekali lagi, Anda jangan mudah tergiur dengan tawaran harga murah saja. Anda tentunya ingin bukan mendapatkan liburan berkualitas yang nyaman? Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengecek secara detail perbedaan paket yang ditawarkan oleh setiap travel agent. Bandingkan mana yang membuat Anda nyaman dan menjamin kesejahteraan Anda selama berlibur.

2.   Pilih sesuai kebutuhan

Sebelumnya mungkin Anda sudah pernah mengunjungi pulau Dewata, kali ini hanya ingin membahagiakan keluarga ataupun pasangan. Alasan ini seringkali dilontarkan oleh calon pelancong yang hendak ke Bali dan memilih merencanakan berlibur lewat travel agent. Biasanya ada beberapa tempat wisata yang terlalu populer dikunjungi dalam paket tersebut. Jika Anda rasa tak berminat atau sudah pernah mengunjungi, sebaiknya mintalah mengganti destinasi tour.

3.   Baca syarat dan ketentuan yang berlaku secara teliti

Mengingat perang harga sengaja dilakukan oleh travel agent, otomatis mereka pun melakukan beberapa penekanan dalam paket wisata yang ditawarkan. Anda tentunya harus teliti terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku pada paket wisata tersebut. Ada beberapa agent travel yang biasanya tidak menyediakan makan ataupun tidak menanggung biaya tour. Sebelum merasa menyesal dengan paket liburan tersebut, sudah seharusnya Anda membaca dengan teliti hal tersebut. Sehingga Anda bisa memilih paket wisata yang cocok untuk Anda maupun keluarga.

4.   Cari tahu reputasi travel agent

Kemajuan teknologi memang kerap membantu kita menemukan apapun melalui dunia maya. Bahkan kita pun bisa menjumpai dengan mudah travel agent yang memiliki reputasi baik ataupun buruk. Untuk mengecek apakah travel agent yang hendak Anda pilih memiliki reputasi baik, Anda bisa mencari testimoni dari rekan ataupun orang-orang sekitar. Jika perlu, lakukanlah penelusuran atau review terkait travel agent merencanakan berliburdi mesin pencari internet.

 

Sumber Post : Paket Wisata Bali




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline