Lihat ke Halaman Asli

Identitas Nasional

Diperbarui: 19 Maret 2020   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalammualaikum Wr WB

Identitas Bangsa adalah Sesuatu hal yang membedakan kita dan bangsa Indonesia.Salah satu cirikhas Bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh Negara lain adalah Ideologi kita. Pancasila namanya. Perjuagan Bangsa Indonesia dalam menysun pancasila tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak perdebadatan perbedaan pendapat didalamnya sebelum dicetuskan Pancasila sebagai ideology Negara.

Pancasila dipilih karna sesuai dengan karakter Bangsa Indonesia sendiri yaitu Macam-macam budaya , bahasa dan Agama dapat disatukan dengan Pancasila. Pancasila mempunyai 5 sila yang didalamnya terdapat tujuan dan landasan Undang-Undang. Lambang dari Pancasila adalah burung Garuda yang diartikan sebagai burung yang gagah dan berani. Pancasila sebagai landasan dan pedoman hukum yang mutlak di Indonesia. 

Didalamnya tidak ada pertentangan dengan Nilai-nilaiAgama mulai dari sila pertama hingga sila ke lima. Pancasila adalah warisan terbesar untuk bangsa kita Indonesia. Dengan kita sehari hari menanamkan Nilai pancasila maka kedepannya Indonesia bakal maju dan terarah.Nilai yang terkandung dalam Pancasila antara lain Nilai keagamaan, Nilai Keadilan, Nilai kesejahteraan dan Nilai Musyawarah mufakat. Nilai-nilai agung tersebut yang tertanam dalam pancasila sekaligus sebagai Ciri kita sebagai bangsa Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline