Lihat ke Halaman Asli

Wirawan Yazid

ayah dari 2 anak, suami dari 1 istri, mantan dari (?) pacar

Apa Itu Website Responsif? Mengapa Sangat Penting untuk Perkembangan Website Bisnis Anda?

Diperbarui: 11 September 2023   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi desain website responsif di berbagai perangkat. sumber gambar: www.segaraweb.com

Saat ini, waktu yang dihabiskan oleh setiap orang dalam berinteraksi dengan media digital di smartphone semakin sering. Karena perubahan perilaku konsumen ini, perusahaan atau bisnis tidak lagi cukup hanya memiliki situs web yang hanya berfungsi dari komputer desktop.

Apa itu Desain Website Responsif?

Desain web responsif secara otomatis menyesuaikan untuk layar dan tampilan berukuran berbeda. Dengan situs web responsif, seseorang dapat menjelajahi situs web perusahaan atau bisnis Anda dari perangkat apa pun (desktop, tablet, smartphone) dengan layout yang disesuaikan.

Namun bagi saya pribadi dan mungkin beberapa desainer web lainnya,  website responsif memiliki pengertian yang jauh lebih detail lagi. Seperti nomor telepon pada tampilan website mobile yang dapat langsung terhubung dengan aplikasi panggilan telepon atau whatsapp saat di klik. Atau contoh lainnya seperti alamat pada website yang dapat langsung membuka aplikasi GPS saat di klik.

Situs website responsif harus lebih memudahkan pengunjung web untuk melakukan interaksi saat menggunakan smartphone mereka.

Mengapa Desain Web Responsif Penting?

Awalnya, semua orang hanya mengakses situs web dari komputer desktop. Sebagian besar memiliki monitor dengan ukuran yang sama. Situs web dirancang untuk pengunjung rata-rata saat itu dimana layar dekstop memiliki dimensi dengan presentase 4:3 dan 16:9 untuk perangkat monitor yang lebih modern.

Saat ini, hampir setiap orang mengakses situs web dari smartphone dengan dimensi layar yang berbeda-beda. Konsumen mengharapkan situs web yang dikunjungi dapat mendeteksi bahwa mereka menggunakan smartphone atau tablet dengan dimensi tertentu.

Pada akhirnya pengunjung website berharap situs web dapat beradaptasi dengan dimensi layar perangkat yang mereka gunakan, bukan sebaliknya.

Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Desain Web Responsif?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline