Lihat ke Halaman Asli

Musikal Laskar Pelangi Menjadikan Ancol Tambah "Sesuatu"

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

“Laskar Pelangi”, siapa coba yang tidak mengetahui novel karya Andrea Hirata (2005) ini. Sebuah novel yang popular dan penuh pesan tersirat di dalamnya ini mengisahkan tentang kehidupan 10 anak dari keluarga tidak mampu di Pulau Belitung yang memiliki motivasi luar biasa dalam menuntut ilmu di sekolah yang penuh keterbatasan. Orang yang membacanya seperti aku ini benar-benar akan terbawa emosi cerita di dalamnya yang penuh haru, senang, sedih dan sangat menginspirasi sekali. Kesuksesan novel ini akhirnya diangkat ceritanya ke dalam layar perak pada tahun 2008. Seperti halnya novel, film Laskar Pelangi pun berhasil mendulang kesuksesan sehingga menjadi salah satu film terlaris sepanjang sejarah perfilman Indonesia hingga mencatat rekor hampir 4,6 juta penonton bioskop. Cerita yang dikemas luar biasa bagusnya, menjadikan air mataku menetes saat melihat film Laskar Pelangi.

Tak berhenti di novel dan layar lebar saja, cerita Laskar Pelangi pun di adopsi ke dalam sebuah pertunjukan musikal pada tahun 2010 bertajuk Musikal Laskar Pelangi. Sebuah karya musikal yang luar biasa megah ini disuguhkan dengan memberikan sentuhan yang berbeda akan tetapi sangat berkesan di penontonnya. Pertunjukan ini benar-benar menghipnotis seluruh penonton yang melihatnya, kemudian terakhir kesuksesan pun di raih Musikal Laskar Pelangi dalam penampilannya di Esplanade, Singapore. Meskipun belum pernah melihatnya, aku bisa membayangkan betapa megahnya penampilan Musikal Laskar Pelangi itu. Di balik kesuksesan tersebut terdapat nama-nama besar seperti Mira Lesmana, Riri Riza, Erwin Gutawa, Jay Subyakto, Toto Arto, Hartati.

Musikal Laskar Pelangi di Ancol

Taman Impian Jaya Ancol, satu-satunya tempat rekreasi di Jakarta yang penuh dengan hiburan dan edukasi. Banyak sekali tempat yang menarik yang bisa kita nikmati di sana, mulai dari Dunia Fantasi, Sea World, Pantai Ancol, dan banyak lagi lainnya. Sering sekali aku dan teman-teman menghilangkan kepenatan, kegalauan dan kejenuhan dengan pergi ke Ancol dan tak pernah merasa bosan untuk pergi kesana. Ancol selalu memberikan sesuatu hal yang berbeda kepada pengunjungnya. Ide yang luar biasa yang aku dengar dekat-dekat ini adalah suguhan Musikal Laskar Pelangi kepada pengunjung Dunia Fantasi Ancol. Dengan melihat kesuksesan yang luar biasa sebelumnya, Musikal Laskar Pelangi akan memberikan suasana yang berbeda di Ancol.

Menurutku, Ancol menjadi tempat yang sangat strategis dalam menampilkan pertunjukan Musikal Laskar Pelangi, dimana Ancol sudah memiliki daya tarik tersendiri dan akan menambah banyak antusiasme masyarakat untuk datang ke Ancol dengan adanya pertunjukan itu. Apalagi nanti pertunjukan ini akan diadakan di Dunia Fantasi, tempat hiburan yang tak pernah sepi dari pengunjung. Dengan adanya Musikal Laskar Pelangi nanti di Ancol memberikan  kesempatan kepada masyarakat seperti aku ini yang belum pernah menyaksikan pertunjukan ini sebelumnya. Musikal Laskar Pelangi yang akan ditampilkan nanti akan memberikan pelajaran yang sangat mendidik (edukatif) terutama bagi anak-anak yang melihatnya, dimana cerita di dalamnya sangatlah berbobot, menarik dan menumbuhkan rasa semangat dan rasa persahabatan. Aku berharap nanti setelah orang-orang yang berkunjung ke Dunia Fantasi dan menonton Musikal Laskar Pelangi pulang dengan senyum senang dan merasa puas. Selain itu, pemilihan waktu dipilih sangat tepat oleh Ancol untuk menampilkan Musikal Laskar Pelangi yaitu tepat liburan sekolah tiba. Menjadi hadiah istimewa bagi anak-anak untuk mengisi waktu liburannya dengan bermain sambil belajar melihat Musikal Laskar Pelangi.

Ancol kata Syahrini mah tambah “se su atu” nantinya dengan adanya Musikal Laskar Pelangi, dari yang spektakuler menjadi luar biasa spektakuler. Info yang aku peroleh bahwa nanti pertunjukan Musikal Laskar Pelangi di Ancol akan ditampilkan di Ramashinta Hall, Dunia Fantasi (Dufan), mulai 24 Desember 2011 hingga 7 Januari 2012. Hal menarik lagi dimana pertunjukan ini nantinya gratis, jadi dengan membeli tiket Dunia Fantasi, pengunjung sudah dapat langsung menyaksikan pertunjukkan Musikal Laskar Pelangi. Pertunjukan ini akan menjadi penutup tahun 2011 yang sangat berkesan di hati pengunjung/penontonya dan menjadi pembuka awal tahun 2012 yang lebih “se su atu”. Semoga kesuksesan sebelumnya dapat kembali diraih Musikal Laskar Pelangi di Ancol.

Sukses untuk Musikal Laskar Pelangi dan Jayalah Ancol!!!

Berikan terus sesuatu yang berbeda agar Ancol menjadi lebih “se su atu”...

Info Ancol: www.ancol.com

Shared Link :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline