Lihat ke Halaman Asli

Karimunjawa : Hidden Paradise

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

22-25 April 2011, niat ku ke Karimunjawa akhirnya tercapai juga. Itu merupakan pengalaman pertama kesana dan akan selalu ingin kesana terus. Kenapa begitu? Jawabannya hmmm “ya kalian harus kesana (titik).” Kalian akan merasakan apa yang aku rasakan hingga sekarang. Di Karimunjawa aku dan teman-teman benar-benar mengeksplor hampir semua pulau kecuali pulau gosong hehehe dan menikmati indahnya dunia bawah laut Karimunjawa.

Hari pertama kita berangkat dari pelabuhan Jepara niatnya pakai KM Muria, tapi karena telat jadi pakai kapal Perintis jurusan Kalimantan, itu pun juga kebetulan banget dan rejeki kita hehe. Selama perjalanan aku melihat pemandangan lumba-lumba yang berloncatan di laut yang besar dan cantik. Karena kita semua telat, jadi sampai sana pun kita sudah petang dan pas banget melihat sunset di dermaga. Tak ke Karimunjawa jika tidak merasakan masakan Ibu Ester, aku pun pertama datang kesana langsung disuguhi makan malam di warung makan Bu Ester yang endang gandos. Aku dan teman-teman lainnya tidur di homestay (rumah penduduk) disana dan seruu bisa berkenalan dengan teman-teman baru yang mempunyai hobi sama di dunia travelling dan backpacker.

Esok harinya, kita siap-siap explore Karimunjawa hari pertama, jangan lupa siapkan sunblock setidaknya mengurangi rasa perih kulit soalnya matahari bakalan besentuhan dengan kulit kita sepanjang hari. Hari pertama kita menuju pulau Seruni yang memiliki pasir putih dan tempat snorkeling yang sangat keren. Pulau ini tidak berpenghuni akan tetapi terlihat bersih dan sangat indah. Jadi kalo ke pulau jangan sampai kita membuang sampah sembarangan, karena siapa lagi yang akan menjaga keindahan pulau itu kalo bukan kita. Aku pun sangat puas snorkle di sini dan berhasil berfoto dengan nemo (ikan yang sangat lucang). Kalo mau foto lepas pelampung dan menyelamlah ke dalam laut hehe. Foto-foto, bermain air, snorkeling dan makan siang di pulau Seruni benar-benar sangat puas bahkan pengin berlama-lama disitu. Tapi kita harus explore yang lain, masih banyak pulau yang harus dikunjungi. Selanjutnya, kita menuju spot snorkeling kedua yang tak kalah cantiknya, dimana karang bisa terlihat dengan jelas dari atas perahu. Disini aku menemukan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Setelah puas dengan snorkeling, selanjutnya menuju pulau kecil kalo ga salah, dimana disini banyak cottage tempat untuk menenangkan diri dan cocok nih kalo buat bulan madu, sepi banget hehehe. View nya sangat bagus untuk foto-foto.

Setelah dari pulau itu, kita menuju ke pulau Menjangan Besar untuk melihat penangkaran hiu dan berenang dengan hiu-hiu kecil yang imut-imut. Pertama agak takut, terjun ga? terjun ga? dan akhirnya terjun deh, meskipun hiunya pada takut jadi tidak mau mendekati aku heheh. Di pulau ini lah kita menikmati sunset yang indah sebelum akhirnya kita pulang ke Karimun Besar untuk bersih-bersih dan istirahat. Tapi tak ada kata istirahat buat kita, selagi liburan, puas2lah menikmati liburan disana. Jalan-jalan di malam hari pun aku jalani untuk mencari sisi lain Karimunjawa, dan akhirnya kita makan-makan deh sambil nonton film dokumenter tentang Karimunjawa bersama turis-turis lainnya. Setelah capek, kita pun semua tidur pulas sampai akhirnya melewatkan keindahan sunrise hehehe.

Hari kedua, kita kembali explore Karimunjawa. Basah-basahan lagi deh… hari kedua kita mengunjungi pulau Cemara Besar, Cemara Kecil, Pulau Tengah dan banyak spot snorkeling yang cantik-cantik. Kita selalu foto-foto, bermain dan menikmati indahnya pasir putih, birunya pantai dan laut yang membentuk gradasi warna yang menakjubkan serta snorkeling bersama ikan-ikan serta biota laut lainnya yang cantik. Benar-benar sangat cantik dan rasanya tidak ingin berakhir dengan hari itu. Kita juga sempat memberi makan ikan dan ikannya banyak banget serta beragam jenis ikan ada di laut itu. Sunset di hari kedua kita di Pulau Tengah sambil bakar-bakar ikan dan meikmati indahnya pantai pasir putih. Di pulau ini banyak kelapa hijau dan kita pun membelinya murah loh hanya 5 ribu satu kelapa. Setelah puas di hari kedua, kita pun pulang ke Karimun Besar dan menikmati makan malam di alun-alun Karimunjawa. Rasanya tidak ingin melepas liburan secepat ini, esok harinya kita harus menempuh perjalanan pulang ke Jepara dan akhirnya ke Jakarta.

Liburan yang tak terlupakan bersama teman-temanku yang baru-baru serta hebring-hebring akhirnya usai. Kita pun pulang menuju pulau Jepara di hari keempat. Menuju Jepara dengan KM Muria, sepanjang perjalanan kita pun main poker dan seru-seruan melepas kesenangan. Akhirnya kita pun pulang ke Jakarta dan kembali ke rutinitas seperti semula. Karimunjawa, I’ll back again. Love Karimunjawa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline