Lihat ke Halaman Asli

Cegah Stunting bersama Mahasiswa KKN TIM 1 Undip Desa Donowangun

Diperbarui: 11 Februari 2023   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pekalongan (27/1/2023), Stunting merupakan gangguan terhadap pertumbuhan anak, dimana anak yang terindikasi stunting biasanya memiliki tinggi badan lebih pendek dari anak seusianya, stunting dapat disebabkan  oleh kurangnya makan makanan bergizi dalam jangka waktu yang lama. 

Tingginya potensi angka stunting di Desa Donowangun kabupaten pekalongan. Menjadi masalah yang cukup besar di wilayah ini, hal ini diperparah dengan rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai apa itu stunting, apa penyebab stunting, bagaimana pencegahannya dana apa perbedaannya dengan gizi buruk. Hal ini menjadi alasan utama KKN UNDIP melaksanakan Program Kerja berupa sosialisasi "Edukasi Bahaya Stunting Terhadap Masa Depan Anak di Desa Donowangun" di Desa Donowangun oleh mahasiswa Tim 1 KKN Undip 2022/2023 yang terlaksana pada tanggal 14 Januari 2023.

Program Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarkat Desa Donowongun khususnya ibu-ibu . 

Sosialisasi dilakukan dengan memberikan informasi berupa pengertian apa itu stunting, apa ciri ciri anak yang terkena stunting, dimana pertumbuhan tinggi badan anak lebih lambat serta susahnya untuk menaikkan berat badan,  disampaikan juga apa saja yang menjadi penyebab stunting, dimana stunting pada umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan gizi kepada anak pada masa kehamilan, kurangnya pemberian asi dan makanan bergizi pada bayi serta kurangnya pengetahuan akan sanitasi yang baik juga menjadi penyebab utama stunting, dipaparkan juga bagimana cara pencegahan serta pengobatan stunting.

Program sosialisasi pencegahan stunting dilakukan dengan pemberian Poster, leaflet serta booklet. Sosialisasi ini diselenggarkan pada pengajian minggu rutinan di Dukuh Keprok, Desa Donowangun, antusias dari ibu ibu sangat tinggi pada sesi diskusi  hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam pertanyaan yang diajukan ibu ibu kepada mahasiswa KKN Undip.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline