Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 Budaya Positif Model 4F

Diperbarui: 26 Mei 2024   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN – MODUL 1.4  BUDAYA POSITIF

Salam Guru Penggerak. Saya Atanasius Wirasakti Auratu, S.Pd. Calon Guru Penggerak Angkatan 10 berasal dari SMK Negeri 1 Lewoleba, Kecamatan Nubatukan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya dapatkan ketika mengikuti pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.4 mengenai Budaya Positif.

Saya akan menuliskan semua pengalaman dan perasaan saya selama mempelajari modul 1. 4 ini bersama artikel ini dengan model refleksi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan) yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. Berikut uraiannya :

PERISTIWA/FACT

Setelah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak dan  dilanjutkan  modul 1.4 tentang budaya positif. Pada modul 1.4 ini banyak ilmu yang saya pelajari.

Dimulai dengan kegiatan Mulai Dari Diri. Kemudian dilanjutkan ke Eksplorasi konsep yang mencakup : Disiplin positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal, Keyakinan kelas, Lima Posisi Kontrol, Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Kebutuhan Dasar Manusia, Dunia Berkualitas dan yang terakhir Segitiga Restitusi.

Pada tanggal 23 Mei 2024 kami bertemu di ruang kolaborasi yang didampingi dengan fasilitator Hardiyanti sermaf membahas tentang beberapa kasus. Kami dibagi menjadi 2 kelompok untuk memecahkan permasalahan dengan menyelesaikan kasus yang ada dengan segitiga restitusi, serta posisi control baik sebagai guru maupun sebagai kepala sekolah.

Ruang kolaborasi dilanjutkan pada hari berikutnya yaitu pada tanggal 24 mei 2024, pada pertemuan ini setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi pada pertemuan sebelumnya. Diskusi berjalan dengan baik dan lancar. Ada beberapa masukan dari teman untuk ditambahkan dalam persentasi kami, terkhusunya pada kesimpulan. Dan selanjutnya dilanjutkan dengan mengupload ke LMS.

Setelah itu, kami akan  mendalami materi dalam kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama instruktur. Kemudian membuat Koneksi antar materi, mengaitkan materi sebelumnya dengan materi sekarang. Dan di akhiri dengan membuat dan menerapkan Aksi Nyata.

PERASAAN/FEELING

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline