Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Reintrasi Narapidana

Diperbarui: 21 Desember 2023   10:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wirantika Sucipto 10/12/2023

Jombang (10/12) mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kegiatan sosialisasi dengan tema "Penerimaan kembali Narapidana Pasca Bebas" kepada masyarakat Dsn. Sariloyo Ds. Sambong Dukuh Kec. Jombang Kab. Jombang bertempat pada Rt. 01 Rw. 06. 

Tujuan dari diadakannya kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya dukungan untuk narapidana setelah dijalankannya masa hukuman yang dialami, dengan adanya sosialisasi ini menjelaskan bahwa pentingnya Reintegrasi (Penyatuan kembali) dan juga reintegrasi merupakan tanggungjawab bersama baik itu dari narapidana, keluarga maupun masyarakat sekitar. 

Selain itu masyarakat juga dijelaskan bagaimana langkah - langkah yang harus dilakukan untuk menerima kembali mantan narapidana pada lingkungan masyarakat tersebut. Pertama pemahaman dan empati dijelaskan penting untuk memahami bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki diri sehingga masyarakat mampu diberi gambaran mengenai apa saja pembinaan yang dilakukan pada Lembaga Pemasyarakatan untuk memperbaiki kepribadian maupun kemandirian guna membantu narapidana untuk berubah lebih baik kembali 

Berikutnya juga dijelaskan dimana masyarakat juga bisa membantu dalam berbagai macam bentuk untuk bentuk penerimaan serta membantu narapidana dalam melanjutkan hidupnya seperti, kesempatan pekerjaan, dukungan sosial, serta melibatkan mantan narapidana ini dalam kegiatan - kegiatan sosial yang ada pada lingkungan itu lagi 

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan mampu mendukung keberlangsungan hidup narapidana kembali, mampu memperbaiki perekonomian narapidana yang sempat terhenti serta menekan angka kejahatan terulang kembali. Selain itu stigma mengenai negatifnya mantan narapidana mampu dihindarkan apabila masyarakat mampu bersosialisasi dengan baik begitupun narapidana yang mampu bertanggungjawab mengenai kepercayaan masyarakat akan perubahan hidup yang lebih baik yang telah dilakukan. 

Wirantika Sucipto 10/12/2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline