Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Program Pemanfaatan Teknologi Kampus Mengajar Angkatan 5

Diperbarui: 31 Desember 2023   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Paruh awal tahun 2023 menjadi waktu pelaksanaan program Kampus Mengajar angkatan 5 yang merupakan bagian dari program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Para peserta yang telah lolos berbagai tahap seleksi mempersiapkan program kerja yang akan dilaksanakan untuk mendukung keberhasilan program dari menteri Pendidikan sebagai perbaikan sistem pendidikan pasca covid-19 dengan mengajak para mahasiswa untuk turut serta.

Hal tersebut sesuai dengan tri darma perguruan tinggi poin ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat, yang mana dalam hal ini mahasiswa dapat berbagi kebermanfaatan bagi sekolah dasar terutama yang berada di lokasi 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Yang pertama kali dilakukan mahasiswa setelah mendapat pernyatan penempatan sekolah, alangkah baiknya apabila mahasiswa berkumpul bersama rekan kelompok untuk berkenalan dan mengakrabkan diri.

Observasi dilakukan setelah mahasiswa telah menyepakati kapan waktu observasi awal untuk mempersiapkan program kerja.

Setelah dilakukannya observasi sebelum penugasan sebagai tahap awal dalam pelaksanaan program, mahasiswa harus membekali diri dengan kondisi baik sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah tersebut.

Hal itu dilakukan dengan alasan agar mahasiswa mampu merancang program kerja yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan sekolah sehingga hasil kerjanya dapat bermanfaat dan berlangsung lama.

Kelompok penulis melakukan observasi untuk memperkenalkan diri ke sekolah dan menjelaskan terkait maksud dan tujuan dari program ini kurang lebih satu minggu sebelum program resmi dilaksanakan.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir kesalahpahaman sekolah terkait dengan diadakannya program kampus mengajar ini. 

Setelah itu, kelompok penulis menyusun program kerja yang sesuai dengan hasil observasi awal.

Dari sekian banyak program yang kelompok penulis rencanakan, terdapat salah satu program yang cukup menarik untuk dibahas yaitu program kerja PESONA.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline