Lihat ke Halaman Asli

Winni Ashari

22107030009_Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

Komunitas dan Manfaatnya

Diperbarui: 13 Juni 2023   04:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Komunitas Biola | Sumber: Kompas.id

Banyak yang masih kurang yakin untuk bergabung kepada suatu komunitas. Terkadang ketidak yakinan ini bisa ditimbulkan akibat dari trauma dengan komunitas yang pernah diikuti atau belum pernahnya ikut komunitas sama sekali atau juga bisa disebabkan belum pernah bergabung ke komunitas akan tetapi mendengar berita kurang mengenakkan tentang suatu komunitas sehingga tidak mau gabung komunitas.

Padahal bila ditinjau dari kegiatan dan manfaatnya, komunitas memiliki suatu hal yang bisa dikatakan lengkap dengan segala aktivitas kegiatannya. Kegiatan komunitas ini juga sangat beragam tergantung komunitas apa dan bergerak dibidang apa komunitas tersebut.

Ada komunitas yang bergerak di bidang sosial, ada komunitas yang bergerak di bidang pendidikan, ada komunitas yang bergerak di bidang kemanusiaan, ada komunitas yang bergerak di bidang keuangan, ada komunitas yang bergerak untuk hewan, dan tentunya masih banyak komunitas lainnya, bahkan ada komunitas yang bergerak di beberapa bidang sekaligus.

Komunitas ini bila dilihat dari pergerakannya tentunya memiliki banyak manfaatnya, baik bagi anggota komunitas tersebut dan bagi orang atau makhluk yang menerima manfaat dari komunitas tersebut. Bisa dilihat dari pergerakannya juga apabila ada informasi yang buruk bisa dilihat kembali apa sebenarnya komunitas yang baik itu.

Tidak bisa dipungkiri sebagai komunitas dan ada banyak orang di dalamnya mengakibatkan perbedaan pendapat yang cukup besar dan bisa saja suatu saat mengalami kesalah pahaman yang bisa berakibat salah satu atau beberapa anggota keluar bahkan bisa sampai komunitas tersebut bubar atau berakhir tanpa tersisa. Dari kegagalan komunitas yang ada juga bisa memberikan kita pelajaran akan suatu komunitas agar lebih baik lagi dan lagi.

Bagi kalangan orang yang masih tidak mau atau tidak tahu atau memiliki trauma akan komunitas, mungkin informasi berikut ini dapat bermanfaat untuk siapa saja yang ingin kembali atau akan bergabung ke komunitas. Berikut ulasannya:

1. Menambah Relasi

Salah satu poin awal dari suatu komunitas adalah menambah relasi yang bisa saling bermanfaat satu dengan yang lain. Di dunia saat ini relasi sangatlah penting untuk dimiliki di berbagai sektor. 

Sebagai contoh apabila seseorang sedang membutuhkan pekerjaan maka komunitas tersebut bisa membantu atau memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada. Dengan inilah relasi dari suatu komunitas akan sangat bermanfaat.

2. Menambah Ilmu dan Skill

Dalam beberapa komunitas yang bergerak khusus di suatu bidang biasanya anggotanya akan cukup banyak dibekali ilmu dan skill agar dapat mengikuti kegiatan yang ada. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline