Lihat ke Halaman Asli

Benarkah Mengonsumsi Obat Melebihi Dosis Mempercepat Penyembuhan?

Diperbarui: 4 Maret 2019   19:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saat kita sedang sakit kita pasti ingin secepat mungkin untuk sembuh baik dengan mengunjungi dokter ataupun mengkonsumsi obat - obat yang dapat kita beli di apotek. Selain itu kita juga dianjurkan untuk mengistirahatkan diri kita dari berbagai kegiatan dan menjaga pola hidup agar bisa mempercepat proses penyembuhan. Tapi pernahkah terbesit dalam pikiran kamu untuk meminum obat melebihi dosis yang dianjurkan untuk mendapatkan manfaat yang lebih dari obat tersebut? Apakah hal tersebut aman dilakukan? Apakah memang bisa memberikan manfaat lebih? Nah bagi kamu yang ingin mencoba hal tersebut sebaiknya kamu membaca artikel ini terlebih dahulu untuk memahaminya.

Apakah Mengkonsumsi Obat Melebihi Dosis Bisa Cepat Sembuh? Fakta Atau Mitos?

Ternyata hal tersebut hanyalah mitos dan sangat tidak dianjurkan. Saat kita membeli obat pasti terdapat kalimat " Baca Aturan Pakai Sebelum Menggunakan Obat " pada kemasan obat bukan? Nah kalimat tersebut jelas sudah memberikan peringatan bagi kita bagaimana mengkonsumsi obat tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Walaupun kenyataanya ada beberapa orang tidak memperhatikan peringatan tersebut dan mengkonsumsi obat sesukanya saja.

Faktanya mengkonsumsi obat yang melebihi dosis tanpa seizin dokter tidaklah direkomendasikan dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dapat menimbukan berbagai efek yang merugikan kesehatan kamu seperti overdosis obat - obatan atau luka pada organ tubuh tertentu.

Bolehkah Mengurangi Dosis Obat Yang Kita Konsumsi?

Bila kita tidak boleh menambah dosis obat yang kita konsumsi, bolehkah kita mengurangi dosis obat yang kita konsumsi. Walaupun mengurangi dosis obat yang kita konsumsi tidaklah menjadi masalah yang besar, namun sebaiknya jangan melakukannya. Hal tersebut dikarenakan obat yang kita konsumsi tidak akan bekerja secara efektif dan akan sia - sia kalau kita terus mengkonsumsi obat yang dosisnya dikurangi.

Sebagai informasi, Faktanya dosis obat yang dianjurkan tersebut sudah diuji efektivitasnya untuk menyembuhkan penyakit. Jadi akan lebih baik jika kita selalu mengikuti aturan pakainya. Jika Dalam beberapa obat tersebut tidak dapat meyembuhkan kamu dari penyakit maka sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencegah hal yan tidak diinginkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline