Lihat ke Halaman Asli

Jannah Firdaus Travel: Mengenal Jabal Ka'bah

Diperbarui: 28 September 2023   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber www.jannahfirdaustourtravel.co.id

Al-Jabalu dapat berarti bukit atau gunung. Kata jamak dari al-Jabalu adalah al-Jibal yang artinya gunung-gunung atau beberapa bukit. Di tanah Jazirah Arab, khususnya di kota Makkah dan Madinah memang merupakan daerah pegunungan, bahkan kota Makkah adalah sebuah Lembah yang dikelilingi oleh gunung-gunung. Di antara ratusan gunung itu, ada yang mempunyai nilai Sejarah yang amat sangat tinggi mulai dari Nabi Adam dan Siti Hawa, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS sampai dengan perjuangan Nabi akhir zaman Rasulullah SAW dalam menyebarkan ajaran Islam.

Jannah Firdaus Travel Family, Jabal Ka'bah merupakan sebuah gunung yang terletak di sebelah timur Masjidil Haram, tepatnya di perkampungan al-Bab. Gunung ini dinamakan juga dengan Jabal Maqla' al-Ka'bah, dinamakan demikian karena batu-batu yang digunakan untuk membangun Ka'bah dari zaman Nabi Ibrahim sampai generasi berikutnya diambil dari gunung ini.

Sekitar tahun 1039 Hijriah, turun hujan lebat di Kota Suci Makkah. Banjir besar di Masjidil Haram tidak bisa dibendung lagi, bahkan sampai mengakibatkan dinding Rukun Syami runtuh. Hal ini sangat merusak pemandangan Ka'bah. Atas perintah Sultan Murad Khan, Penguasa Pemerintahan Utsmaniyah pada saat itu, Ka'bah dibangun kembali dan selesai pada tanggal 2 Dzulhijjah tahun 1040 Hijriah. Adapun batu-batu untuk membangun Ka'bah diambil dari Jabal Ka'bah ini.

Jannah Firdaus Travel Family, Inilah Pembangunan Ka'bah terakhir hingga bentuknya seperti yang saat ini kita lihat. Pintunya dinaikkan ke atas dan HIjr Ismail tetap berada di luar bangunan kotak Ka'bah.

Sumber : Artikel https://jannahfirdaustourtravel.co.id/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline