Lihat ke Halaman Asli

Windya Aprista

Mahasiswa yang mencoba mencari pengalaman menulis.

Paris Fashion Week atau Fashion Show During "At" PFW

Diperbarui: 13 Maret 2022   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber : fhcm.paris)

Sepekan lalu dunia maya dihebohkan kabar kehadiran beberapa brand lokal Indonesia yang melangsungkan fashion show di Paris. Beberapa nama selebriti dan influencer seperti Shandy Purnama Sari owner MS GLOW, Felicya dan Caesar Hito owner Scarlett Whitening juga memeriahkannya melalui postingan instagram mereka. 

Masyarakat yang mengetahui hal tersebut pun memberikan respon bangga karena kesuksesan brand-brand tersebut. Bukan tanpa sebab, pasalnya sederet selebriti dan influencer yang ikut serta dalam acara tersebut memberikan informasi dengan mencantumkan acara fashion show bergengsi dunia yaitu Paris Fashion Week (PFW). 

Namun kemeriahan acara tersebut mengundang kritik dari pengusaha Indonesia yaitu Lucky Heng. Lucky Heng mengatakan bahwa brand-brand seperti Geprek Bensu, MS GLOW, HMNS, Scarlett,  dan lainnya tidak masuk dalam daftar brand yang berpartisipasi di Paris Fashion Week 2022, hanya ada dua brand Indonesia yang mendapat undangan resmi Paris Fashion Week (PFW) yaitu Sean Sheila dan Jewel Rocks Buoux. 

Menanggapi pernyataan dari Lucky Heng, banyak publik yang akhirnya mengungkapkan kekecewaan mereka. Publik menganggap beberapa brand dan influencer tersebut telah melakukan pembohongan publik dengan membawa nama Paris Fashion Week (PFW) untuk kesuksesan event mereka.

Sebagai pelopor dari acara, GEKRAFS (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) memberikan klarifikasi atas tuduhan tersebut. Ifan Seventeen selaku Ketua Bakominfo GEKRAFS angkat bicara melalui akun instagram resminya @ifanseventeen "GEKRAF dari awal sudah clear tidak menggunakan GEKRAFS Paris Fashion Week tapi GEKRAFS Paris Fashion Show 2022. Karena GEKRAFS tahu kami tidak terafiliasi FHCM" . 

Selebriti dan influencer yang tadinya sempat mencantumkan nama PFW di postingan instagramnya pun telah menghapus dan mengubah captionnya. Namun imbas dari masalah tersebut banyak netizen yang memberikan kritikan pedas terhadap selebriti dan influencer yang ikut serta dalam acara tersebut.

Lalu, apa perbedaan Paris Fashion Week dan Fashion Show during "at" Paris Fashion Week?

(Sumber : Alessandro Licouni / Gorunway.com)

Paris Fashion Week (PFW) adalah ajang fashion show tahunan dunia yang diselenggarakan di kota mode Paris. Ajang ini telah berlangsung sejak tahun 1973 yang dinaungi oleh Federasi Mode Prancis yaitu Federation de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). 

Paris Fashion Week sendiri dilaksanakan untuk menunjukan fashion busana musim semi/panas dan musim gugur/dingin dan tanggal pelaksanaannya ditentukan oleh FHCM sendiri. 

Tahun 2022 Paris Fashion Week dilaksanakan mulai tanggal 28 Februari sampai 8 Maret yang total diikuti 96 brand ternama dunia. Beberapa brand ternama yang berpartisipasi dalam ajang Paris Fashion Week 2022 ada Off-White, Christian Dior, Saint Laurent, Chloe, Chanel, Belenciaga, Valentino, Givenchy, Louis Vuitton, dan Miu Miu

Tidak hanya brand-brand terpilih, untuk penonton acara PFW juga tidak sembarangan orang. Biasanya Paris Fashion Week dihadiri oleh para Global Brand Ambassador, fashion designer, super model, selebriti dunia, dan orang-orang yang berkecimpung dalam dunia fashion. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline