Copywriting Adalah : Pengertian, Jenis dan Contoh Copywriting -- Ketika membangun bisnis ada banyak hal yang perlu dipelajari. Salah satunya dengan menguasai copywriting. Meski hanya sebuah tulisan, namun akan memberikan dampak besar terhadap promosi suatu bisnis.
Dengan tulisan yang menarik calon konsumen akan tergiur untuk membeli produk yang dijual. Tidak hanya menarik, isi tulisan juga harus mudah dipahami dan bersifat ajakan. Sehingga penjualan dapat meningkat.
Apa Itu Copywriting? Copywiritng Adalah
Jadi istilah ini digunakan untuk menjelaskan suatu aktivitas dengan tujuan untuk kepentingan iklan. Tulisan dibuat untuk mempengaruhi seseorang atau calon pelanggan agar melakukan suatu hal. Misal bergabung dalam keanggotaan atau komunitas secara gratis, mencoba aplikasi baru, dan lain-lain.
Dengan kata lain tulisan digunakan untuk kebutuhan billboard, advertorial, sales letter, dan aktivitas pemasaran lain. Sehingga aktivitas ini bisa dikategorikan sebagai bagian dari digital marketing. Oleh karena itu menguasai skill menulis copy sangat penting karena dapat diterapkan dalam berbagai sektor pekerjaan.
Mengapa Perlu Belajar Copywriting?
Perlu diketahui bahwa skill kepenulisan ini sangat penting untuk dikuasai saat berbisnis. Karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat mempelajarinya, antara lain.
- Traffic website naik dengan cepat
- Penjualan produk dapat meningkat drastis
- Artikel blog ramai dibaca dan dibagikan
- Banyak pendaftar email list
- Ebook ramai pengunduh
- Postingan social media mendapatkan banyak komen dan like
- Usaha affiliate marketing banyak peminat
Jika terus belajar skill atau kemampuan ini, Anda bisa saja selalu mendapatkan berbagai keuntungan tersebut. Sehingga bisnis Anda akan semakin berkembang. Pendapatan Anda pun semakin bertambah seiring berjalannya waktu.
Jenis-Jenis Copywriting Adalah
Agar semakin paham mengenai aktivitas menulis satu ini, Anda bisa belajar tentang jenis-jenisnya. Tiap jenis memiliki fokus tindakan yang berbeda-beda, yakni sebagai berikut.
1. Marketing
Jenis ini memiliki fokus pada penawaran produk dengan pemberian solusi pada konsumen. Selain itu penulisannya akan menjelaskan mengenai manfaat produk. Dengan kata lain, untuk menarik serta meyakinkan konsumen supaya membeli produk di tempat Anda.
2. Direct Response
Fungsi dari jenis penulisan satu ini adalah untuk mendapatkan respon langsung dari pelanggan. Misal, tulisan berisi kalimat ajakan kepada pembaca untuk memilih opsi CTA, sharing konten, berlangganan ebook, dan lainnya. Anda dapat menemukan penulisan ini pada homepage, iklan search engine marketing, landing page, dan lainnya.