Lihat ke Halaman Asli

Peran Manager dalam Performance Management

Diperbarui: 29 Mei 2021   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut Lansbury (1988), manajemen kinerja adalah proses mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengembangkan kinerja karyawan dalam organisasi, sehingga tujuan dan sasaran organisasi dapat tercapai, selain itu juga dapat memberikan manfaat kepada karyawan dalam penerimaan umpan balik, memenuhi kebutuhan kerja dan bimbingan karir.

Peran manajer adalah membantu karyawan dalam memfokuskan perlakunya untuk mengubah aktivitas mereka menjadi kinerja. Manajer perlu berperan aktif untuk mengontrol perkembangan suatu kinerja karyawannya. 

Biasanya penilaian kinerja berfokus pada apa yang didapat dari wawancara penilaian tahunan yang dilakukan antara manajer dengan karyawan. Tetapi, dalam pendekatan manajemen kinerja semua ini dapat berjalan dengan efektif jika karyawan dan kinerjanya dapat dikelola dengan baik setiap tahunnya.

Manajer berpendapat bahwa penilaian kinerja yang efektif adalah dengan adanya komunikasi yang dilakukan secara terus menerus dan umpan balik tentang pekerjaan. Komunikasi antara manajer dan karyawan akan lebih efektif jika terjadi dalam konteks rencana dan tujuan kinerja yang telah disepakati.

Sistem penilaian kinerja sering gagal karena manajer mengevaluasi kinerja karyawan hanya dilakukan setahun sekali sehingga kurang efektif.

Biasanya selama wawancara penilaian tahunan berlangsung, manajer mencoba untuk menjadi suportif dan mendorong karayawannya untuk berbagi ide. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline