Perkembangan teknologi di dunia pendidikan berkembang seiring dengan meningkatnya kemampuan manusia dalam membuat alat yang mempermudah berbagai aspek kehidupannya. Hal tersebut tampak pada ketersediaan media yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam membuat pembelajaran yang efektif, kreatif, dan mudah dipahami oleh siswa. Salah satu wujud perkembangannya yakni adanya platform yang dapat digunakan untuk mendesain dan membuat media secara digital sehingga mudah digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Platform desain bernama Canva merupakan suatu platform desain grafis yang dapat dimanfaatkan guru. Canva memiliki berbagai fitur untuk membuat desain dan mudah digunakan. Di dalamnya, tersedia contoh-contoh desain yang bisa digunakan dan dimodifikasi lagi oleh penggunanya.
Dalam masa Pandemi dan PPKM saat ini, sekolah telah melaksanakan pembelajaran secara daring cukup lama. Namun, memang dirasa masih perlu optimalisasi dalam proses belajar mengajar yang diupayakan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni dengan membekali guru dengan kompetensi dan penguasaan teknologi yang bermanfaat, seperti halnya pemanfaatan platform Canva ini. Penerapan penggunaan Canva dalam pembuatan media pembelajaran telah mulai diterapkan di SDN Lebak Gede, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Jawa Barat. Oleh salah seorang peserta KKN Tematik UPI 2021. Windi Nur Wirdianti, seorang mahasiswa PGSD UPI Kampus Cibiru yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di kelas II SDN Lebak Gede, telah membantu guru dalam pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan platform desain Canva.
Dari hasil diskusi yang telah terlaksana bersama guru dan kepala sekolah SDN Lebak Gede, diketahui bahwa sangat diperlukan media berbasis teknologi digital dalam pembelajaran di masa pandemi saat ini. Mira Rospitawati, selaku guru kelas II SDN Lebak Gede pun membenarkan hal tersebut. Dengan memanfaatkan berbagai teknologi dalam pembelajaran jarak jauh, diharapkan pembelajaran bisa menjangkau seluruh siswa tanpa terkendala lokasi tempat tinggal siswa.
Dalam Kegiatan KKN-nya, Windi menggunakan media Canva untuk mendesain materi dan bahan pembelajaran kelas II, di antaranya poster dan video pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak. Desain yang dibuat berupa gambar-gambar dan animasi berwarna yang menarik sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan tampilan menarik tersebut, media atau bahan ajar dapat lebih mudah dipahami oleh siswa dibanding hanya berupa modul yang menampilkan tulisan saja. Guru di sekolah pun memberikan respons baik mengenai penggunaan Canva sebagai platform untuk membuat media pembelajaran. Di sisi lain, orang tua siswa berharap dengan adanya media yang dibuat dapat membantu anak agar semakin baik dalam belajar. Selain melakukan optimalisasi penggunaan media Canva, dalam Program KKN ini, Windi juga melakukan kegiatan pendampingan kepada siswa dan wali siswa agar pembelajaran daring tetap berjalan optimal dan hak tiap siswa mendapatkan pendidikan dapat terpenuhi.
Windi Nur Wirdianti/ 1801823
KKN UPI 2021, Mahasiswa Kampus UPI di Cibiru
DPL: Fully Rakhmayanti, M.Pd.