Lihat ke Halaman Asli

Diana Wardani

Sederhana

Pangandaran dan Hari Jumat Kliwon

Diperbarui: 24 Juni 2015   18:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1357181997743995573

[caption id="attachment_218031" align="aligncenter" width="640" caption="ilustrasi: saat menikmati ombak di Pantai Pangandaran -diana 2010-"][/caption] Ternyata, aku baru mengetahui bahwa untuk berkunjung ke Pantai Pangandaran sebaiknya tidak pada hari Jumat Kliwon. Karena pada hari itu, tidak ada kegiatan apa pun hingga siang hari. Wahana water sport seperti banana boats dan lain-lain, tutup. Jadi, hanya bisa bermain-main air saja di pantai sepanjang pagi hingga siang, sekitar pukul dua.

Entah tradisi ini berlangsung sejak kapan. Namun, menurut kabar, konon sudah sejak lama. Tetapi kebanyakan dari para pengunjung tidak mengetahui tradisi ini. Mana perhatian mengenai hitungan Pahing, Kliwon, Legi, dan lain-lain. Satu yang pasti, bisa pergi ke Pantai Pangandaran sesuai dengan rencana tanpa melihat Hari Pasaran.

Informasi ini aku dapatkan dari teman kantorku yang pada waktu itu pergi ke Pantai Pangandaran bersama teman-temannya pada hari Jumat Kliwon, kira-kira satu tahun yang lalu. Temanku dan kawan-kawannya terang saja kecewa karena tidak bisa berkegiatan apa-apa selain bermain air di sekitar pantai. Tetapi, mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena mereka tidak mau melanggar tradisi yang ada di sana. Sebuah tradisi, biasanya tidak mengungkapkan mengapa hal itu harus dijalankan. Sebuah kearifan lokal yang dipelihara oleh warga sekitar Pangandaran memang selayaknya dihormati.

Jadi, jika ingin bermain air sepuasnya ber-water sport di Pangandaran, hindari datang pas pada saat Hari Jumat Kliwon.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline