Lihat ke Halaman Asli

Pemberdayaan TOGA dalam Program Penghijauan sekaligus Lahan Edukasi

Diperbarui: 12 November 2021   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tumbuhan di bumi berperan penting dalam mengelola krisis lingkungan, terutama  di  perkotaan. Salah satu tanaman yang dapat dibudidayakan adalah TOGA (tanaman obat dari keluarga). Tanaman obat diyakini memiliki khasiat yang lebih kuat dari obat. 

Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya pengetahuan masyarakat tentang farmakologi dan ilmu kedokteran, banyak orang mengandalkan obat-obatan yang telah teruji khasiatnya di laboratorium dibandingkan dengan obat-obatan tradisional. Selain itu, kurangnya pemahaman masyarakat tentang TOGA membuat tanaman ini jarang dibudidayakan.

TOGA adalah tanaman obat yang dibudidayakan sendiri. TOGA bisa ditanam di pot atau di lahan sekitar rumah, dan jika lahannya cukup luas sebagian hasil panen bisa dijual untuk menambah pendapatan keluarga. 

Selain berkhasiat sebagai obat, TOGA juga dapat digunakan untuk meningkatkan gizi keluarga , bumbu dan rempah masakan , Menambah keindahan dan bernilai tambah estetika bila di tata dengan apik dan rapi, memberi contoh cara pemanfaatan lingkungan pekarangan, dan menambah nilai keasrian dan kesejukan halaman pekarangan rumah. 

Disamping meningkatkan kesejahteraan industri rumah tangga, pemberdayaan TOGA juga mengatasi penurunan daya beli masyarakat terhadap obat yang semakin mahal. 

Pemberdayaan TOGA di lingkungan sekitar rumah juga dapat memanfaatkan lahan yang belum terpakai secara optimal dan pemanfaatan lahan sempit untuk penghijauan. 

Beberapa TOGA yang biasanya dibudidayakan ialah jahe, kunyit, lidah buaya, daun sirih, temulawak, kencur, sereh dan masih banyak lainnya. Selain itu, manfaat dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tanaman obat dan mengurangi penggunaan obat-obatan kimia karena tanaman obat dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai jenis penyakit.

Berdasarkan penjelasan diatas, TOGA memiliki banyak manfaat untuk membantu upaya penghijauan lahan sempit ataupun lahan yang tidak pakai secara optimal di sekitar lingkungan rumah yang bisa diolah dengan baik sebagai media tanam TOGA. Selain itu TOGA juga dapat menjadi sarana edukasi masyarakat tentang macam-macam tanaman tradisional dan khasiatnya, bahkan cara penanamannya yang benar. Oleh karena itu diharapkan masyarakat memiliki kepedulian untuk menjaga atau melindungi lingkungan dimulai dari hal kecil disekitar kita. Untuk itu perlu adanya kesadaran dari diri sendiri untuk mempertahankan progam penghijauan ini. Terlebih kita dapat memanfaatkan tanaman TOGA ini untuk diri sendiri bahkan orang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline