Lihat ke Halaman Asli

winda mustika

mahasiswi Universitas Negeri Malang

Inilah Kegiatan Mahasiswa KKN UNM: Bantu Desain Dan Pemasaran Ikan Nila dan Wader Crispy

Diperbarui: 26 April 2021   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang merupakan desa dengan potensi perikanan, pertanian, dan kesenianya yang beragam. Lokasi desanya cukup jauh dari wilayah perkotaan dan termasuk desa pelosok, akan tetapi akses jalan untuk menuju desa ini cukup baik.  Mata pencaharian masyarakat desa ini selain petani yaitu di bidang perikanan, desa Jambuwer memiliki potensi perikanan yang melimpah, meskipun lokasi desa ini berada di perbukitan. Tepatnya terletak di dusun Rekesan, ikan yang paling utama di budidayakan yaitu ikan nila, mujaer, dan wader. Wader yang diperjual belikan ada 2 jenis yaitu wader laut dan wader kali atau sungai.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa Universitas Negeri malang melakukan pengabdian KKN di desa Jambuwer ini mulai terhitung bulan Februari- Juni 2021 pada kodisi pandemi Covid-19. Hanya sebagian mahasiswa saja yang terjun langsung di lokasi desanya dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satu program kerjanya yaitu pengabdian membantu masyarakat yang memiliki usaha di bidang perikanan didesa Jambuwer untuk dipasarkan. Mulai dari pemasaran ikan yang sudah dibudidayakan, kemudian dijadikan suatu produk berupa makanan ringan atau semacam Crispy ikan nila dan mujaer, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen diluar sana dan sekaligus mahasiswa KKN membantu masyarakat Jambuwer untuk memperluas dan mengembangkan usaha kecil tersebut.

Foto: Dokumentasi Pribadi

ilustrasi pribadi

Salah satu bentuk kemasan design produk ikan nila dan wader crispy. Terlihat perbedaan keduanya, pada gambar logo kemasan lama tidak berwarna, dengan bentuk tulisan sederhana, dan gambar ikan yang menjadi logo utamanya tidak ditonjolkan. Sedangkan gambar logo terbaru yang didesain oleh kelompok 1 ini mendominasi warna biru, lengkap dengan gambar crispy ikannya yang dapat menarik pembeli untuk mengonsumsi produk olahan masyarakat desa Jambuwer. Pada kemasannya kelompok menawarkan kepada penjual untuk memakai kemasan yang berjenis standing pounch dengan ukuran yang tertentu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline