Lihat ke Halaman Asli

Menghadapi Sulit Tidur dengan Hipnosis

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Malam tiba dan Anda pun berbaring di ranjang Anda, pada awalnya Anda berencana untuk tidur cepat, tapi setelah berbaring beberapa waktu, bukannya tidur Anda malah guling sana, guling sini. Anda pun mencoba untuk menutup mata Anda agar Anda jatuh tidur, namun hal inipun gagal. Sampai akhirnya Anda mungkin mencoba teknik-teknik seperti menghitung domba loncat dan sebagainya. Pada akhirnya Anda pun kecapean dan akhirnya tidur.

Pengalaman di atas tentu tidak asing. Apa yang baru Anda alami adalah salah satu bentuk dari insomnia (Ketidakmampuan untuk tidur). Kondisi ini bila bertambah parah dapat mengganggu hidup Anda. Apalagi jika kita harus bangun pagi untuk bekerja esok harinya.

Terdapat berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengatasi insomnia, beberapa di antaranya adalah:


  1. Sleep Restriction : dengan mengurangi waktu di kasur untuk berusaha tidur.
  2. Stimulus Control Therapy : Menciptakan ruangan yang membuat kita ingin tidur
  3. Cognitive Therapy: menciptakan pemikiran positif mengenai tidur
  4. Obat tidur: meminum obat tidur


Meminum obat tidur adalah salah satu jalan pintas yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi kesulitan tidur ini. Hal ini seharusnya hanya dilakukan bila penyebab insomnia yang kita alami sudah diperiksa dan berbagai cara lainnya telah digunakan dan kurang berhasil.

Mengatasi insomnia dengan hipnosis


Hipnosis merupakan salah satu obat tidur tanpa efek samping yang memiliki efek baik bagi penderita insomnia. Hipnoterapis dapat membantu kliennya untuk mencari tahu penyebab insomnianya melalui Hypnoanalysis dan/atau memberikan sugesti dan trigger yang membuat klien dapat rileks dengan mudah saat ia mau tidur. Untuk mempermudah klien tidur, seorang terapis dapat menjelaskan kepada kliennya tahap-tahap yang terjadi sejak ia berbaring di kasur sampai kliennya akhirnya tertidur.


  1. Berpikir
  2. Fantasi
  3. Hypnoidal (Hipnosis ringan)
  4. Tidur


Pada tahap pertama saat orang berbaring di kasurnya biasanya mereka mulai berpikir apa yang sudah mereka lakukan hari ini, apa yang akan mereka lakukan besok. Dalam tahap ini pikiran kita masih aktif berpikir. Lalu setelah itu baik Anda sadari atau tidak pemikiran Anda akan bergerak ke pemikiran atau imajinasi yang berhubungan dengan hal-hal yang menenangkan atau merilekskan. Mungkin saja pemikiran seperti berjalan-jalan bersama pasangan atau bersantai di suatu tempat. Baru setelah itu saat tubuh dan pikiran menjadi rileks, Anda memasuki kondisi hipnosis ringan. Dalam kondisi ini kita akan mengalami gejala hipnosis yang sering disebut amnesia.

Mungkin Anda menyadari bahwa tidaklah mungkin bagi kita menentukan bahwa kita tidur tepat pada jam 09.13 malam. Karena kita mengalami amnesia, kita berpindah dari hypnoidal menuju kondisi tidur tanpa kita sadari. Begitu masuk kondisi tidur, kita sudah tidak lagi menyadari hal yang terjadi di sekitar kita sampai nanti kita terbangun kembali.

Dalam empat tahap menuju tidur ini kita bisa menduga bahwa alasan seseorang sulit tidur biasanya adalah kesulitan untuk berpindah dari tahap 1 menuju tahap 2. Bukankah kebanyakan dari kita yang sulit tidur ini, biasanya gara-gara lagi mikirin suatu permasalahan yang belum ada jalan keluarnya sehingga terbawa sampai ke kasur.

Dengan mengetahui keempat tahap ini kita tahu bahwa cara termudah untuk mengatasi hal tersebut  adalah dengan melewati tahap berpikir dan langsung masuk ke tahap berikutnya yaitu fantasi atau malah dengan bantuan hipnoterapis Anda bisa langsung masuk ke keadaan hipnoidal dalam sekejap. Teknik fantasi dapat dilakukan dengan cukup membayangkan diri Anda berada di tempat yang sangat santai. Setiap orang memiliki tempat santai yang berbeda, ada yang suka di pantai, ada yang suka di gunung. Bayangkan hal itu dan bayangkan diri Anda berada di sana bersantai di sana. Anda boleh mengundang orang-orang yang Anda sayangi untuk  bersantai dengan Anda dalam fantasi Anda ini.

Hal-hal yang dapat mempermudah tidur


Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah tidur Anda. Beberapa di antaranya adalah:


  1. Gunakan kasur Anda hanya untuk tidur dan seks. (jangan nonton, kerja, atau bermain di kasur)
  2. Tidurlah dengan teratur (waktu)
  3. Jangan makan atau minum terlalu banyak sebelum tidur
  4. Buat tempat tidur Anda nyaman dan bersih
  5. Kurangin konsumsi kafein
  6. Kurangi rokok/nikotin dan alkohol
  7. Berolahragalah dengan teratur


Follow kami di facebook untuk ngobrol dan info terbaru: https://www.facebook.com/IndomindConsulting?ref=hl

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline