Lihat ke Halaman Asli

Konsep Panca Sradha dalam Kehidupan Beragama Hindu

Diperbarui: 15 Mei 2023   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KONSEP PANCA SRADHA DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA HINDU 

Ni Putu Winda Astuti / 2214101031 

Program Studi Ilmu Hukum Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan 

Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial winda.astuti@student.undiksha.ac.id

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menalaah bagaimana pengaruh konsep Panca Sradha memiliki pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan kehidupan beragama umat hindu. Panca Sradha yakni lima keyakinan agama hindu, yang meliputi Brahman, Atman, Karma Phala, Purnarbhawa dan Moksa. Kelima bagiannya ini memiliki hubungan yang kuat satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Hubungan antara kelima bagian ini menjadikan kehidupan beragama di Bali menjadi lebih bervariasi di setiap daerahnya. 

Dalam artikel memuat penjelasan dari beberapa sumber mengenai pengertian dari Panca Sradha dan bagaimana pengaruh Panca Sradha dalam implikasinya dalam kehidupan beragama hindu di Bali. Melalui penelitian kepustakaan, artikel ini memuat data dari beberapa sumber yang dijadikan referensi tambahan dari artikel ini. Sehingga memberikan hasil yakni benar adanya bahwa Panca Sradha mempengaruhi sistem keagamaan dalam Hindu, yakni mempengaruhi dalam sistem keyakinannya, dan cara pemujaan terhadap Tuhan, yang dimana Panca Sradha ini memberikan pengaruh terhadap penyebutan nama-nama Tuhan atau manifestasinya. 

Keywords: Panca Sradha, Keagamaan, Keyakinan  

PENDAHULUAN 

Menelaah dari segi kehidupan beragama, Agama Hindu merupakan agama yang memiliki banyak upacara pemujaan yang dilaksanakan setiap harinya. Agama Hindu merupakan agama tertua yang ada, hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalanpeninggalan pada zaman jauh sebelum medernisasi ini. Oleh karenanya artikel ini berupaya untuk menelaah bagaimana kehidupan beragama yang dilakukan masyarakat dari zaman ke zaman melalui metode kepustakaan. Dari sini diharapkan memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan awal pembuatan artikel yakni mengetahui bagaimana kehidupan beragama masyarakat hindu dari masa-masa. 

Tujuan utamanya yakni menelaah bagaimana pengaruh konsep Panca Sradha dalam kehidupan beragama masyarakat. Artikel ini akan menelaah lebih dalam bagaimana konsep Panca Sradha bisa mempengaruhi kehidupan masyarakat, terutama di Bali. Yang mana diliat dari beberapa upacara yang dilakukan apakah ini ada kaitannya dengan Panca Sradha sebagai dasar keyakinannya.

METODE 

Penelitian ini termasuk ke dalam metode penilitian kepustakaan yakni menggunakan buku sebagai sumber pengambilan data. Penelitian ini dilakukan dengan membaca, menelaah dan memahami literatur yang ada guna menambah referensi  dan sampel dalam artikel. 

Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan menghimpun data dari beberapa literatur seperti buku-buku, jurnal, dan website yang mendukung penelitian ini. Sedangkan untuk Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan menggunakan metode deskriptif, yakni penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana masyarakat itu berkembang dan tumbuh di lingkungan yang berdasarkan akan keyakinan yang dianut dalam masyarakat, yakni Panca Sradha. 

HASIL DAN PEMBAHASAN 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline