Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

Diperbarui: 15 Agustus 2020   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Penulis: Winda Anisa Safitri


Apakah yang terlintas di dalam pikiran anda jika mendengar kata  daun sirih? Daun sirih sering digunakan oleh orang pada zaman dahulu untuk membersihkan gigi dan mulut dengan cara mengunyahnya. Daun sirih merupakan salah satu tumbuhan menjalar yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Tumbuhan ini berbentuk seperti jantung , teksturnya kasar jika diraba dan mengeluarkan bau yang aromatis.

Pemanfaatanbahan alami sebagai obat tradisional di Indonesia akhir-akhir ini meningkat, bahkan beberapa bahan-bahan alami diproduksi dalam skala besar. Berbeda dengan obat yang berasal dari bahan kimia , obat tradisional ini memiliki efek samping yang lebih kecil disamping harganya yang murah dan terjangkau. Obat tradisional ini dapat kita temui di daerah sekitar kita karena beberapa obat tradisional yang digunakan saat ini juga menjadi bahan pokok untuk bumbu dapur.

Penduduk Indonesia yang hidup di pedesaan sulit dijangkau oleh tim medis dan obat-obatan modern . Mahalnya biaya yang akan dikeluarkan untuk pengobatan modern serta obat-obatan yang sulit dijangkau pula menyebabkan masyarakat di pedesaan berpaling ke obat-obatan tradisional. Sebagian besar obat tradisional berasal dari tumbuhan ( Fuadi S , 2014).

Salah satu tanaman yang mengandung banyak air adalah daun sirih . Aroma yang khas dari daun sirih mengandung minyak atsiri 1-4,2% , air , protein, lemak, karbohidrat , kalsium , posfor , vitamin A,B , C , yodium , gula dan pati (Putri ZF , 2010). Seiring dengan perkembangan zaman, daun sirih semakin banyak digunakan sebagai obat yang sangat bermanfaat . 

Manfaat daun sirih bagi kesehatan diantaranya:

1. Menjaga kebersihan mulut

Bakteri di dalam mulut dapat terhambat pertumbuhannya dengan cara mengunyah daunnya atau berkumur dengan air rebusan daun sirih. Daun dirih juga dapat melawan asam yang dihasilkan oleh bakteri sehingga dapat mencegah gigi berlubang. Produksi air liur bisa dipicu dengan mengunyah daun sirih dan pinang. Air liur juga dapat membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel.Kebiasaan untuk  mengunyah daun diyakini dapat menurunkan risiko kanker mulut. Cara menggunakan daun sirih ini adalah  merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit dan kemudian tambahkan madu ke dalam air rebusan daun sirih tersebut untuk memberikan rasa manis .

2. Mempercepat penyembuhan luka

Daun sirih dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Hal ini dikaitkan dengan kandungan antioksidannya dalam daun sirih. Ketika seseorang mengalami luka bakar akan mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya yang dapat  menghambat proses penyembuhan luka.

3. Membantu mengobati penyakit diabetes

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline