Lihat ke Halaman Asli

PKM Dosen PGPAUD UNJ di Kepulauan Seribu

Diperbarui: 8 Juli 2023   04:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Dok Pribadi

Program Diklat Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD Kepulauan Seribu dalam Melakukan Tindakan P3K Pada Anak Usia Dini merupakan salah satu dari tiga rangkaian program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diselenggarakan oleh Dosen Program Studi PG PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta. 

Dosen pelaksana tersebut di antaranya Dra. Winda Gunarti, M. Pd., Dr. Nurbiana Dhieni, M. Psi., Dr. Sri Wulan, M. Si., Dr. Hapidin, M. Pd., Dr. Nurjannah, M.Pd serta Dr. Suharti, M. Pd. Kegiatan PkM ini diselenggarakan secara tatap muka langsung di Pulau Kelapa Kepulauan Seribu pada tanggal 23 sampai dengan 27 Juni 2023.

Dok Pribadi

Diklat Tindakan P3K Pada Anak Usia Dini dilaksanakan oleh Ibu Dra. Winda Guniarti, M. Pd. selaku ketua tim, dengan anggota Ibu Dr. Sri Wulan, M. Si. dan Ibu Dr. Nurbiana Dhieni, M. Psi. serta didukung oleh tim fasilitator yang merupakan mahasiswa PG-PAUD UNJ angkatan 2020 yaitu Meutia Thufailah Muthmainnah, Azzahra Puti Raminja, Ramadhania Dahlan, Nifa Aulia Rahmah dan Dwita Andhini. Sasaran dari kegiatan diklat ini adalah para pendidik PAUD yang berada di Pulau Kelapa, Pulau Kelapa 2/Kongsi  dan Pulau Harapan, yang berasal dari lembaga-lembaga PAUD yaitu TK Negeri Pulau Kelapa 01, TK Negeri Pulau Harapan 01, RA Al-Falah Pulau Kelapa, RA Miftahul Jannah Pulau Kelapa, BKB PAUD Merah Putih Pulau Kelapa, SPSN Balai Bermain Rakit Tiang Pulau Kelapa, SPSN Balai Bermain Insan Utama Pulau Kelapa.

Dok Pribadi

Sesuai dengan tujuan diselenggarakannya diklat ini yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan, maka rangkaian materi diklatnya pun mengacu pada tujuan tersebut. Rangkaian kegiatan diklat disusun secara sistematis mulai dari kegiatan pembukaan, kemudian pre-test untuk menjajaki pengetahuan awal peserta diklat Kemudian dilanjutkan dengan paparan materi yang disajikan secara interaktif. 

Setelah paparan materi dilakukan kegiatan post-test untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang sudah diberikan. Kemudian kegiatan diklat dilanjutkan melalui kegiatan workshop berupa diskusi dan simulasi dalam bentuk role play penanganan kasus ketulangan, kasus tersedak dan kasus mimisan. Kegiatan diakhiri dengan mereview hasil workshop dan recalling materi.

Adapun rangkaian materi diklat tindakan P3K pada anak usia dini meliputi materi pengantar tentang pengertian P3K, hubungan antara anak usia dini dengan tindakan P3K, dan mengapa pendidik PAUD harus menguasai pengetahuan dan keterampilan mengenai tindakan P3K. Kemudian materi diklat berlanjut membahas tentang pelayanan PAUD Holistik-Integratif yang salah satu layanannya adalah tentang perlindungan dan kesehatan anak. Materi ini sangat menunjang pendidik PAUD untuk memiliki kompetensi melakukan tindakan P3K kepada anak. Kemudian sajian materi berikutnya menyangkut materi P3K pada kasus yang spesifik yaitu tentang kasus ketulangan, kasus tersedak dan kasus mimisan. 

Secara lengkap, sajian kegiatan dapat dilihat pada laman https://youtu.be/jWDxDpemx6M.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline