Lihat ke Halaman Asli

Winda OktaviaWulandari

Mahasiswa PPKn Universitas Pamulang

Pentingnya Perencanaan Pembelajaran

Diperbarui: 29 April 2021   22:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Oleh : Winda Oktavia Wulandari 

Semester : VI (Enam)

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Pamulang

Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan antara guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mecapai tujuan pembelajaran tersebut maka diperlukan suatu perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran berisi tentang mengenai kegiatan dan tindakan apa yang akan dilakukan dalam proses kegiatan pembelajaran.

Berlandaskan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP nomor 19 tahun 2005 yang berkaitan dengan standar proses mengisyaratkan bahwa guru diharapkan dapat mengembangkan perencanaan pembelajaran, kemudian dipertegas Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah bahwasannya perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi.

Perencanaan menurut Sagala (2005:19) menyatakan bahwa "Perencanaan adalah fungsi manajemen yang menentukan secara jelas pemilihan pola-pola pengarahan untuk para pengambil keputusan sehingga terdapat koordinasi dari demikian banyak keputusan dalam kurun waktu tertentu dan mengarah kepada tujuan-tujuan yang telah ditentukan".

Sedangkan pembelajaran menurut Joyce and Well (1980:1) memaparkan "Pembelajaran adalah proses  bersama antara pengajar dan peserta didik menciptakan lingkungan termasuk serangkaian tata nilai dan keyakinan yang dianggap penting untuk menyatukan pandangan tentang realitas kehidupan".

Perencanaan pembelajaran merupakan suatu proses, cara, metode yang harus dipersiapkan oleh seorang guru, yang diatur sedemikian rupa berdasarkan langkah-langkah tertentu baik dalam penyusunan materi pengajaran, penggunaan media maupun penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan atau suatu masalah didalam kelas.

Guru yang baik adalah guru yang berusaha semaksimal mungkin agar pembelajarannya berhasil dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satu faktor agar tujuan tersebut tercapai yaitu membuat suatu perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan siswa. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline