Lihat ke Halaman Asli

Universitas Pamulang Gelar Seminar Nasional dan Call For Papers

Diperbarui: 14 Juni 2023   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Pamulang (@unpamofficial) | Instagram 

Universitas Pamulang Gelar Seminar Nasional dan Call For Papers dengan tema  "  Intelligence's Impact on Auditing " digelar di Auditorium Darsono Kampus Unpam Viktor pada hari sabtu, tanggal 5/06/2023.

Seminar ini diikuti oleh 3 ribu peserta dari berbagai kampus dengan menghadirkan dua pembicara yaitu pembicara pertama Prof Haryono Umar MSc AK CA, Wakil Rektor Perbanas Institute yang juga mantan Wakil Ketua KPK. Pembicara kedua Dr Isnaeni Achdiat SE MAk CA CIA, founder start-up social enterprise Media Aku Tahu dan juga Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN IAI). 

Universitas Pamulang (@unpamofficial) | Instagram

Ketua Yayasan Sasmita Jaya Prof. Dr. Haryono Umar, M.Sc., Ak., CA dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para narasumber yang telah berkenan hadir ke kampus tercinta Universitas Pamulang.

Prof. Dr. Haryono Umar, M.Sc., Ak., CA mengatakan beberapa manfaat jika menggunakan AI :

  • Membantu membuat risk assessment yang akan muncul secara obyektif dan
  • semakin akurat dalam menghitung dampak selanjutnya pada bisnis misalnya:
  • Perkiraan ketika risiko bisnis yang mengakibatkan kerugian yang besar, atau bisnis akan gagal
  • Memprediksi serangan siber berdasarkan pemantauan pesan dan obrolan eksternal, atau mengidentifikasi niat melakukan perdagangan keuangan yang curang
  • Menentukan kapan proyek akan terlambat dari jadwal atau melampaui anggaran secara substansial, atau kapan produk baru kemungkinan besar akan gagal memberikan manfaat yang dijanjikan

Solusi AI tidak hanya membantu auditor berpengalaman. Mereka juga dapat dimanfaatkan oleh auditor junior, baik untuk menghemat waktu dan meningkatkan pengetahuan lebih cepat dan untuk keterampilan lebih lanjut untuk praktik dan teknologi yang ada dan yang muncul.

Sebagai mana yang di katakan oleh Dr.Vera Diyanty, CA dalam seminar ini :

AI publik menggunakan data yang disediakan oleh pengguna untuk pembelajaran lebih lanjut. Jadi, auditor harus berhati-hati untuk tidak memberikan informasi perusahaan atau klien yang sensitif.

Jika solusi AI diterapkan secara internal, fungsi audit perlu memastikan bahwa sistem dilatih dengan baik menggunakan kumpulan data yang memadai dan bahwa pelatihan tersebut berkelanjutan.

Program audit yang disediakan oleh solusi berkemampuan AI harus ditinjau dan disesuaikan sesuai dengan ruang lingkup dan tujuan penugasan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline