Lihat ke Halaman Asli

Winda Rahma Yulyantina

Learner, Foodie

Mengasah Capacity Building dengan Mata Kuliah MICE

Diperbarui: 30 Desember 2021   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

uisi.ac.id

MICE (Meting, Incentives, Convention, and Exhibition) merupakan suatu kegiatan yang aktivitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, dimana melibatkan suatu kelompok besar yang akan berangkat bersama. Pada umumnya jenis kegiatan MICE terdiri dari pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran.

Industri MICE memegang peranan penting dalam dunia pariwisata, karena MICE tidak hanya menghasilkan pendapatan bagi mereka yang berhubungan langsung dengan setiap acara, tetapi secara tidak langsung juga melibatkan banyak pelaku ekonomi lainnya. Dampak ekonomi dari kegiatan MICE sangat besar pengaruhnya terhadap peningkatan devisa negara dan sektor lainnya. Sehingga industri MICE merupakan sumber pendapatan yang sangat menjanjikan dan banyak negara yang menjadikan industri MICE sebagai sumber pendapatan utama bagi negaranya.

Tidak sembarang orang dapat menyelenggarakan event MICE, karena event MICE tergolong besar dan memerlukan persiapan khusus. Itulah mengapa mata kuliah MICE sangat penting untuk kita pelajari sebelum terjun ke dunia kerja nantinya.

Lalu dimana kita mendapatkan mata kuliah MICE?

Yaitu di Pogram Studi Manajemen loh, khususnya Program Studi Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa di Program Studi Manajemen hanya diajarkan mengenai bagaimana strategi dan cara mengelola keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan operasional. Di Program Studi Manajemen UISI, Mahasiswa diajarkan mata kuliah MICE terkait bagaimana cara membuat sebuah perencanaan event, yang meliputi :

  • Perencanaan ide dan konsep event MICE
  • Perencanaan timeline event
  • Perencanaan keuangan event
  • Perencanaan promosi dengan berbagai media
  • Perencanaan resiko

Selain itu mahasiswa juga belajar tentang bagaimana mengelola kegiatan operasional sebuah event, seperti mengatur jalannya acara, membuat kontrak, memilih supplier, tenant, media partner, hingga sponsorship. Dalam hal ini sangat mengasah kemampuan kerjasama, komunikasi, networking, dan capacity building setiap mahasiswa. Kemampuan capacity building sangat penting dalam MICE maupun dunia kerja nantinya, karena dengan kemampuan tersebut kita dapat meningkatkan keterampilan dalam menyelesaikan masalah (Problem Solving) dan pengambilan keputusan (Decision Making) secara cepat dan tepat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline