Lihat ke Halaman Asli

Dagkaart, Solusi Murah Berkeliling Belanda

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13287830291161526749

Treinkaartje van Kruidvart

Sebuah notifikasi di Facebook masuk. Di sebuah group jual beli, salah seorang anggota group, Jolanda, memberi tahu bahwa ada perpanjangan masa valid tiket kereta yang dikeluarkan oleh Kruidvart. Tiket kereta yang memiliki masa valid pada hari Sabtu dan Minggu antara 5 Oktober 2011 hingga 5 Februari, diperpanjang hingga tanggal 26 Februari. Hal ini dikarenakan salju di musim winter yang menyebabkan kekacauan jadwal kereta Nederland Spoorwagen.

Sebetulnya saya sudah merencanakan pergi ke beberapa kota di Belanda pada tanggal 4 Februari yang lalu dengan menggunakan tiket kereta Kruidvart itu. Namun, karena salju turun dan tidak ada kereta, saya terpaksa merelakan satu tiket harian seharga 12,49 Euro hangus. Berkat informasi dari Jolanda dan saya konfirmasi langsung ke website Kruidvart, saya masih bisa memiliki kesempatan sekali lagi berkeliling kota-kota di Belanda dengan hanya 12.49 Euro di gerbong kelas 2.

Sebutannya dagkaart. Bila memilikinya, seseorang bisa naik kereta selama seharian penuh dari stasiun ke stasiun di Belanda. Tiket kereta ini dijual di beberapa toko di Belanda, seperti HEMA, Albert Heijn, Blokker, Jumbo atau Kruidvart. Biasanya, toko-toko tersebut secara bergiliran menjual tiket kereta itu. Harganya dan masa berlaku tiket kereta bervariasi. Sebagai contoh, tiket yang dijual di Kruidvart dan Jumbo berharga 12.49 euro dan hanya bisa dipakai pada weekend (Sabtu dan Minggu saja). Berbeda dengan tiket yang dijual di HEMA, Albert Heijn dan Blokker. Meskipun harganya 3 Euro lebih mahal, tiket yang dijual bisa dipakai tidak hanya pada saat weekend, namun juga pada weekdays (Senin-Jumat) setelah jam 09.00 pagi.

Untuk bepergian dengan jarak jauh, dagkaart adalah solusi yang tepat karena harganya yang relatif lebih murah. Tiket kereta ini lebih murah bila disetarakan dengan tiket regular perusahaan kereta Belanda, Nederland Spoorwagen. Tentunya juga dengan melihat jarak tempuh antar lokasi. Semakin jauh jarak yang ditempuh, maka biaya yang dikeluarkan juga semakin mahal. Walaupun di Belanda juga ada kartu diskon kereta baik 20% dan 40 %, namun bila dihitung-hitung tetap saja mahal. Sebagai contoh, jika ingin bepergian ke Amsterdam dari Groningen, maka harus membayar tiket pergi-pulang (dengan asumsi naik di gerbong kelas dua dan memiliki kartu diskon) seharga 27.80 Euro (13,90 euro x 2). Tetapi dengan dagkaart, hanya dengan 12.50 Euro bisa pergi ke stasiun manapun dalam satu hari.

Oleh sebab itu, begitu ada pengumuman dari salah satu toko di atas akan ada pembukaan penjualan dagkaart, berbondong-bondong orang membeli tiket sebanyak mungkin. Dalam pengamatan dan pengalaman saya, jarang orang hanya membeli 1 tiket saja. Mereka biasanya membeli lebih dari 2 tiket, meskipun mereka belum tahu bakal dipakai bepergian kemana tiket-tiket itu. Nampaknya para konsumen tidak khawatir tiket-tiket itu akan hangus tidak terpakai sebab masa aktif tiket yang relatif lama, antara 3-4 bulan, dan kalau sampai masih tersisa, mereka bisa menjualnya kembali.

Karena sangat murah, banyak orang yang mencari dagkaart. Hanya dalam hitungan hari, biasanya tiket yang dijual bisa langsung habis. Maka itu, banyak yang lantas mencari tiket itu di forum jual beli atau di milis. Dengan berprinsip saling membantu dan sama-sama tidak rugi, orang memposting permintaan tiket dagkaart. Bila ada yang ingin menjual, mereka lantas melakukan transaksi. Uniknya, si penjual menghargai tiket sama dengan harga beli. Pada beberapa kesempatan, ada juga mencari tiket dan bersedia membayar 2 atau 3 Euro lebih mahal. Keadaan yang berbeda terjadi pada 2 hari sebelum tiket Kruidvart habis masa validnya, 5 Februari. Banyak yang memposting menjual tiketnya dengan harga murah sebab mengetahui jadwal kereta sedang kacau. Entah terjual atau tidak, namun mereka yang masih pegang tiket beruntung karena masa validnya diperpanjang.

Jadi dengan pertimbangan lebih murah, banyak orang menanti-nanti pengumuman penjualan dagkaart. Karena pengumuman selalu menggunakan Bahasa Belanda,bergabung di group Facebook atau milis sangat bermanfaat untuk mengetahui pengumuman penjualan tiket kereta. Begitu ada pengumuman, sebaiknya segera pergi ke toko terdekat dan membelinya sebanyak yang diperlukan. Kalau hendak beli lebih dari 5 tiket juga oke, sepanjang tahu masa validnya dan segera menjualnya apabila tidak dibutuhkan. Percayalah, banyak orang yang membutuhkan tiket itu. Saya pernah mempunyai 7 dagkaart. Jauh-jauh hari saya sudah menyusun jadwal refreshing dengan cara menuliskan beberapa kota tujuan di tiket-tiket itu. Beberapa rencana terealisasi, tetapi beberapa tidak karena ada hal penting yang harus dikerjakan. Jadi, saya menawarkan tiket itu dan berbekal siapa cepat dia dapat, tiket itu bisa terjual dalam hitungan menit begitu iklan dipasang.

[caption id="attachment_161714" align="aligncenter" width="508" caption="Contoh Dagkaart dari Kruidvart. Harus divalidasi di mesin stempel di stasiun. Validasi terlihat pada tulisan "]

13288171451872988202

[/caption]

Lantas, bagaimana memakai tiket itu? Ada dua cara yang biasa dilakukan. Pertama, tiket yang dijual oleh HEMA, Albert Heijn dan Jumbo, biasanya berupa kode kombinasi angka dan huruf. Untuk mengaktifkan tiket itu, maka harus mengikuti petunjuk pencetakan tiket dengan mengisi nama, tanggal lahir dan tanggal penggunaan tiket. Petunjuk tersebut tersedia lengkap di website masing-masing toko, namun dalam Bahasa Belanda. Jika tidak atau belum familiar, sebaiknya bertanya pada orang yang sudah familiar. Bila sudah dicetak, tiket tersebut harus dibawa ketika bepergian dan ditunjukkan pada kondektur apabila diperiksa. Selain itu, tiket yang dijual Blokker dan Kruidvart berupa tiket yang sudah tercetak namun harus divalidasi di stasiun. Validasi dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam mesin stempel yang tersedia di tiap stasiun. Sebagaimana tiket yang diprint, tiket itu harus selalu dibawa agar ketika dicek bisa ditunjukkan ke petugas.

Ada kejadian yang mungkin lucu. Ketika itu saya sedang berada di gerbong sebuah kereta. Ketika tiket diperiksa oleh kondektur, ada penumpang yang menggunakan dagkaart. Mungkin baru pertama kali, jadi dia hanya menunjukkan bukti pembelian dan kode tiket yang diberikan oleh HEMA. Kejadian lain juga menimpa seseorang yang membeli tiket di Kruidvart. Penumpang itu baru membuka amplop berisi tiket ketika dicek oleh kondektur. Keduanya diampuni oleh kondektur karena mengaku masih pendatang baru dan belum tahu prosedurnya. Oleh kondektur diberitahu kalau tiket tersebut harus divalidasi di mesin stempel di stasiun atau dicetak terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline