MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GELAS HITUNG PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PGRI 2 KARANGPLOSO MALANG.
Dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam berhitung dengan menggunakan media gelas hitung pada anak kelompok B di TK PGRI 2 KARANGPLOSO Malang. kemampuan berhitung pada anak usia dini sangat diperlukan, agar anak memiliki kesiapan untuk mengikuti pendidikan selanjutnya (Depdiknas, 2007:1; Aunio et al., 2008: 203). Lingkungan sangat berpengaruh pada kemampuan berhitung anak usia dini. Lingkungan yang mendukung stimulasi anak dapat mengembangkan kemampuan anak salah satunya kemampuan berhitung.
Kemampuan berhitung anak sangatlah penting untuk distimulasi, karena kemampuan berhitung dapat menjadikan pengalaman baru dalam kehidupan sehari-hari anak. Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang mencakup bilangan, angka, memanipulasi jumlah seperti penjumlahan dan pengurangan (Raghubar & Barnes, 2016: 3). Senada dengan Suryana (2016: 108) dan Suyanto (2008: 48) bahwa kemampuan berhitung sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan anak nantinya yang dapat mengembangkan pengetahuan tentang bilangan, angka, penjumlahan dan pengurangan. Sedangkan Reid (2016:1) berpendapat bahwa kemampuan berhitung pada anak usia dini adalah anak belajar tentang membandingkan atau membedakan lambang bilangan, dapat memperkirakan dan anak dapat menghitung jumlah yang berbeda. Pada usia 5 tahun ke atas anak-anak sudah mengenali angka termasuk berhitung 1-20 hingga lebih, pengetahuan tentang bentuk angka dan urutan angka, serta mengetahui transformasi angka seperti penambahan dan pengurangan (Meggit, 2013: 69; Morrison, 2016: 247; Papalia & Feldman, 2015: 247).
Media gelas hitung merupakan media yang dapat mengembangkan kemampuan anak dalam berhitung dengan menggunakan berbagai media loospart. Media gelas hitung merupakan media yang digunakan untuk membantu siswa memahami konsep berhitung.
Cara menggunakan media gelas hitung
- Anak mengambil dadu angka dan menggelinkannya,
- anak menempel angka sesuai yang keluar di dadu kemudian anak mengambil tutup botol atau media lain sesuai dengan angka
- Anak dimasukkan tutup botol atau kedalam gelas sesuai dengan jumlah angka yang sdh di tempel pada media gelas hitang
- Anak menghitung tutup botol yang sudah dimasukan dalam 2 buah gelas.
Mangfaat media gelas hitung
- Dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak
- Dapat merangsang dalam proses belajar dan menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan.
- Anak dapat mengenal konsep bilangan
- Membantu anak memahami cara berhitung operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan
Dengan demikian berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun menjadi sesuatu yang sangat perlu untuk diperkenalkan, sebab masih banyak anak usia 5-6 tahun yang masih mengalami kesulitan ketika diminta berhitung atau menunjukkan lambang angka dan menyebut bilangannya, berhitung menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari karena sebagai persiapan untuk bekal di pendidikan selanjutnya. Karena anak usia 5-6 tahun berada dalam masa bermain, oleh sebab itu dibutuhkan media pembelajaran atau alat permainan yang mampu menarik minat dan semangat anak, sehingga anak bisa belajar sekaligus bermain denga cara yang menyenangkan dengan menggunakan media gelas hitung.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H