Lihat ke Halaman Asli

Memerdekakan Peserta Didik melalui Asesmen yang Baik dan Benar

Diperbarui: 27 Agustus 2023   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ya, pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023. Seminar Nasional dengan topik Memerdekatan Peserta Didik melalui Asesmen yang baik dan benar adalah Tagline dar kegiatan seminar nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Unit Koordinasi Lampung, Sebelumnya Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara bekerjasama dengah Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) UKC Lampung Utara; menyelenggarakan workshop penilaian HOTS, kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dilaksanakan di Aula SMP Kemala Bhayangkari, Kotabumi, Lampung Utara dari tanggal 8 s.d. 9 Oktober 2021. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara, Bapak Drs. H. Mat Soleh, M.Pd.  Narasumber kegiatan ini berasal dari berbagai instansi dan organisasi profesi. HEPI UKD Lampung mengirimkan 2 (dua) orang narasumber yaitu Ibu Dr. Fardarita, M.Pd. dan Bapak Winarno, S.Pd.

Kali ini seminar nasional bertajuk Memerdekatan Peserta Didik melalui Asesmen yang baik dan benar diselenggarakan secara dalam jaringan (daring/online) menggunakan aplikasi zoom. Panitia dan narasumber melaksanakan kegiatan di STKIP Al Islam Tunas Bangsa, JL. ZA Pagaralam, Labuhan Ratu, Bandar Lampung. Bertindak sebagai narasumber adalah Rima Susiana, M.Pd., Muhamad Khotib, M.Pd, dan Jumitri, M.Pd. 

Flyer kegiatan webinar sosialisasikan melalui beberap grup WA, sampai hari H kegiatan terdapat 146 orang tergabung di dalam WAG yang linknya dipasang di akhir formulir pendaftaran. Calon peserta yang melakukan pendaftaran setelah mengirimkan formulir langsung bergabung ke dalam WAG. 

Pukul 8:00 Wib, Ibu Fardarita selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan memposting sebuah pesan di WAG peserta sebagai berikut; 

"Ibu Fardarita, selaku ketua pelaksana, menyampaikan Bapak/Ibu panitia dan narasumber mohon kerjasamanya hari sabtu 26 agustus 2024 hadir jam 08.00, kita briefing 15" sebelum mulai semnas, semoga  sukses dan berjalan lancar. Aamiin.." disusul dengan prosting berikutnya yaitu pemberitahuan tentang link video conference. 

Seminar Nasional

"Memerdekakan Peserta Didik Melalui Asesmen yang Baik dan Benar"

Hari : Sabtu
Tanggal : 26 Agustus 2023
Jam : 08.30 sd 16.00
Tempat : Zoom Meeting

https://zoom.us/j/94590144081?pwd=TGI0amhwMXhyRUZRWHMzZ0xOU*****

Meeting ID: 945 9014****
Passcode:***


Rundown kegiatan adalah sebagai berikut; 1. Pada pukul  08.30 -- 09.00 WIB adalah persiapan peserta login ke media Webinar secara virtual disambut oleh Host HEPI UKD Lampung.  2. Berikutnya pada pukul 09.00 -- 09.45 WIB, adalah acara Pembukaan yang meliputi:
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Pembacaan Doa
Laporan Panitia Pelaksana
Sambutan Pembina HEPI UKD Lampung
Sambutan Ketua HEPI UKD Lampung dan membuka acara.

Bertindak sebagai MC adalah Mardhatilah, M.Pd, Jimi Hariyanto, M.Pd.I selaku pemimpin doa. Dr. Fardarita, M.Pd, menyampaikan sambutan ketua panitia pelaksana, Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd menyampaikan sambutan sebagai founder HEPI Lampung, Prof. Dr. Herpratiwi, M.Pd memberikan sambutan selaku ketua HEPI UKD Lampung. 3. selanjutnya pada pukul 09.50 -- 10.20 WIB adalah pemaparan materi Asesmen Diagnostik oleh Rima Susiana, M.Pd, bertindak sebagai Moderator adalah Septriani, S.Pd.,M.A, 4. Pada pukul 10.25 -- 10.55 WIB adalah pemaparan materi kedua tentang Asesmen Formatif oleh Muhammad Khotib, M.Pd dan 5. Pada pukul 11.00 -- 11.30 WIB adalah materi Asesmen Sumatif yang disampaikan oleh Jumitri, S.Pd.,M.Pd. Usai pemaparan materi diikuti dengan tanya jawab / diskusi 6. 11.30 -- 12.15 WIB narasumber dimana ketiga narasumber turut menanggapi pertanyaan yang disampaikan melalui Question and Answer. 


Berikutnya adalah acara istirahat 7. 12.15 -- 13.15 WIB, pada waktu istirahat panitia melaksanakan shalat dzuhur yang dilanjutkan menikmati makan siang. Pada sesi kedua 8. 13.15-- 15.50 WIB dilaksanakan Seminar Makalah, pada sesi ini terdapat dua orang yang menyampaikan makalahnya, masing=masing mendapatkan waktu 10-15 menit untuk menyampaikan makalahnya. Panitia di belakang layar adalah Muhammad Khotib, M.Pd, Winarno, S.Pd. Rachmat Dody Ariesna, M.Pd dan Evawati M.Pd. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline