Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Mempromosikan Buku?

Diperbarui: 7 Agustus 2023   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Flyer KBMN Pertemuan 19 (Posting WAG KBMN)

KBMN PGRI Gelombang 29 malam ini Senin, 7 Agustus 2023 dengan narasumber Bapak Akbar Zainudin, bertindak sebagai moderator adalah bapak Muliadi. 

Sehebat apapun produk yang kita hasilkan jika tidak di kenal oleh banyak orang hanya akan menjadi pajangan dan pemanis etalase. Begitu pula dengan sebuah karya tulis. Segala kisah, ide, pemikiran yang kita tuangkan dengan penuh perjuangan hanya akan jadi sebatas karya yang hanya kita genggam sendiri. Semua itu butuh promosi. Bagaimana teknik promosi buku yang mudah, pas dan murah? Tidakkah segala hal baik yang kita tuangkan dalam karya kemudian dibaca dan menginspirasi  orang lain akan menjadi celengan kebaikan untuk kita?   Hmmm begitu banyak tanya yang tercipta dan mengambang di alam  pikiran. Mau tau jawabannya, segera temukan di kelas KBMN malam ini, dengan materi *Teknik Promosi Buku*

Moderator meminta ijin mengunci grup (ask for permission to lock the group), supaya anggota grup (group members) lebih fokus pada kegiatan pembelajaran.  "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat malam bapak ibu sahabat penulis diseluruh nusantara, perkenalkan saya Muliadi dari Tolitoli Sulawesi Tengah akan membersamai bapak/ibu malam ini," ujar moderator.


Moderator menyampaikan sebuah pantun; 

Malam-malam menikmati minuman hangat,
Biar romantis tambahlah cokelat.
Assalamualaikum wahai sahabat,
Insya Allah bersama Pak Akbar kita lebih semangat.


Malam ini (tonight) adalah pertemuan ke-19, artinya bapak/ibu sahabat penulis (fellow writers) semua pasti sudah memiliki rancangan buku yang akan diterbitkan.  Setidaknya berupa ancar-ancar buku solonya sudah ada,  baiklah mari kita sapa narasumber kita, " Asaalamualaikum, pak Akbar, Selamat malam."

Sambil menunggu konfirmasi kehadiran narasumber, narasumber memposting susunan acara kita malam ini akan dibagi dalam tiga sesi:
1. Sajian Materi dari narasumber
2. Tanya jawab, dengan format; Nama, Asal Daerah dan Pertanyaan
3. Penutup

Posting WAG KBMN

Mari kita simak profil narasumber kita malam ini;  Akbar Zainudin adalah  penulis buku Man Jadda Wajada yang boleh dibilang, buku adalah buku Solonya yang pertama. Sebelumnya ia menulis beberapa buku antologi. Alhamdulillah, buku ini baru cetakan ke-13, beredar 55.000 eksemplar. Setelah Man Jadda Wajada, ia menulis 15 buku dari tahun 2010 sampai sekarang.

Ia membrandingkan diri sebagai motivator dan penulis buku-buku motivasi. Karena itu, ia menulis hampir semuanya buku-buku tentang motivasi. Agar kalau orang dengar nama Akbar Zainudin, tidak jauh-jauh dari motivasi. Ada motivasi belajar, motivasi hidup, motivasi kerja, motivasi bisnis, motivasi menulis, dan juga motivasi agama.

Buku yang ia tulis adalah UKTUB; Panduan Menulis Buku dalam 180 hari. Ini buku panduan menulis dari A sampai Z. Ia menyarankan Bapak Ibu untuk memiliki buku ini, karena ada 150an alamat penerbit yang bisa dikirimi naskah, anggota IKAPI.

Buku ini menjadi materi pembelajaran DIKLAT MENULIS yang ia adakan selama pandemi lalu. Alhamdulillah, sebagai trainer, ia biasanya keliling ke berbagai tempat di Indonesia untuk menyebarkan semangat Man Jadda Wajada, dan selama pandemi, ia melakukannya secara online.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline