Lihat ke Halaman Asli

Kurikulum Merdeka: P5 Rahmatan lil Alamin

Diperbarui: 24 Juli 2023   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Refreshment Fasilitator hari keempat pada sesi pertama adalah implementasi P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil'Alamin) yang disampaikan oleh Ibu Nur Hasanah Rahmawati, beliau adalah kepala MTsN 9 Bantul, Daerah Istimewa Jogyakarta. 

Kompetensi profil pelajar memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jatidiri, ideologi,dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0, serta moderasi beragama. 

Dalam profil pelajar terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang:  

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; 2. Berkebhinekaan global; 3. Bergotong-royong; 4. Mandiri; 5. Bernalarkritis; 6. Kreatif. Sekaligus pelajar juga mengamalkan nilai-nilai beragama yang moderat, baik sebagai pelajar Indonesia maupun warga dunia. Nilai moderasi beragama ini meliputi: 1. Berkeadaban(ta'addub);  2. Keteladanan(qudwah);  3. Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaanah);  4. Mengambil jalantengah (tawassu); 5. Berimbang(tawzun); 6. Lurusdantegas(I'tidl); 7. Kesetaraan(muswah); 8. Musyawarah (syra); 9. Toleransi (tasmuh); 10. Dinamis dan inovatif (taawwurwaibtikr).

Dokumen Pribadi

Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah dan mengimplementasikan suatu tema menantang. Projek  didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. 

Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah  dijadwalkan untuk menghasilkan karya, produk, dan/atau aksi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan  memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar.

Beragam kegiatan tema kegiatan yang dapat diimplementasikan pada P5RA antara lain hidup berkelanjutan.  Pada tema kali ini, madrasah membangun bank sampah sebagai upaya untuk mengelola sampah. Kegiatan projek juga mencakup ketrampilan anak untuk menanam dan merawat tanaman di lingkungan sekitar

Pihaknya menyelenggarakan kegiatan bank sampah, karena madrasahnya lolos sebagai salah satu sekolah adiwiyata, yang dalam waktu dekat akan mengikuti kegiatan lomba, anggap saja kegiatan ini sekaligus sebagai persiapan lomba adiwiyata.

Nur Hasanah Rahmawati menyampaikan projek juga bisa dikaitkan dengan upaya lain seperti mengadakan kegiatan bersih sungai, bertanam dan tebar benih ikan. Kegiatan P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil' Alamin), diawali dengan sosialisasi 32 siswa kelas 7A dibagi menjadi 2 kelompok untuk menyosialisasikan bank sampah di kelas 8A didampingi oleh Nita Yuniati dan 9A didampingi oleh Tri Sutrisni Wahyuningsih. Sosialisasi ini dilaksanakan pada jam projek mingguan setelah sholat Dhuhur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline