Lihat ke Halaman Asli

Winarno Abdullah

Guru MTsN 1 Bandar Lampung gemar menulis

Modul Ajar Bahasa Inggris SMP/MTs (Fase D); Reading Comprehension

Diperbarui: 21 Februari 2024   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ratna terlahir dari keluarga mampu, punya pendidikan yang bagus, pekerjaan mapan, serta selalu peduli dengan sekitarnya. Adapun Janus menjadi orang mapan dan punya segalanya karena nasib. Mereka harus menjalani kebersamaan memasuki tempat-tempat kumuh hingga pedalaman Indonesia: Dayak di Kalimantan, Karimunjawa, Kota Tua, Bali, Toraja, dan Desa Rawa Sampih.

Novel ini banyak menceritakan detail pelosok-pelosok negeri kita. Salah satu keberhasilan penulis adalah mampu menggambarkan secara perinci tempat, lokasi, barang, bangunan, dan kejadian di novel tersebut. Ini memang novel fiksi, tetapi lingkungan yang dibentuk sangat nyata.

Terbuai, mungkin itu kata yang cocok ketika membaca novel Tenun Biru. Keindahan dalam negeri disajikan dalam satu karya yang sangat bagus. Membangun kisah romantis, penulis hadirkan Janus yang kurang mencintai Indonesia meskipun orang Indonesia.

Misi Ratna untuk membuat Janus cinta Indonesia merupakan kisah yang membuat pembaca terbawa. Penulis lebih senang menggambarkan tempat-tempat di Indonesia. Penulis ingin masyarakat Indonesia cinta terhadap negaranya sendiri karena begitu banyak keindahan dan keunikan di Indonesia.  Termasuk suku budaya yang beragam. Jadi, kita tidak perlu ke luar negeri bila ingin menikmati keindahan alam atau alasan ingin mengenal budaya lain.

Kelemahan dari novel ini adalah alur cerita yang kurang banyak dipahami oleh pembaca. Hal ini terlihat dari subbab "Kisah dari Gang Kumuh" yang menceritakan masa lalu Ratna dan Janus. Dari sana akan timbul pertanyaan bagi pembaca apakah maksud dari subbab tersebut.

Melihat dari judul, Tenun Biru, bukanlah menggambarkan isi novel ini, Judul ini membuat rasa ingin tahu pembaca menjadi muncul, apalagi membaca subjudul, seperti tidak nyambung dengan judul utama.

Dari sekian banyak cerita dalam novel ini, sajian cerita yang dipaparkan sangatlah menarik, mengundang tawa, sedih, haru, dan bahagia menjadi satu. Novel ini dapat dibaca dan menjadi motivasi bagi seluruh kalangan dan usia terutama yang kurang mencintai Indonesia dan haus akan ragam budaya dari berbagai pelosok negeri. 

Multiple Choice Questions

1. What are the key characteristics of Ratna as described in the text?
A) Born into a wealthy family, well-educated, and compassionate
B) Born into poverty, self-educated, and indifferent to surroundings
C) Born into a wealthy family, poorly-educated, and selfish
D) Born into poverty, well-educated, and compassionate


2. What is Janus' attitude towards Indonesia according to the text?
A) He deeply loves and appreciates Indonesia
B) He is indifferent towards Indonesia
C) He despises Indonesia
D) He is curious about Indonesia's culture


3. Which regions of Indonesia are mentioned in the text as places visited by Ratna and Janus?
A) Sumatra and Sulawesi
B) Java and Bali
C) Kalimantan, Karimunjawa, Bali, Toraja, and Rawa Sampih
D) Papua and Maluku

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline