Lihat ke Halaman Asli

Melalui Inkubator Bisnis dapat Meningkatkan Perekonomian Desa Pascapandemi Covid-19

Diperbarui: 28 November 2023   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perekonomian merupakan sesuatu hal yang penting dan fundamental dalam kehidupan. Selepas pascapandemi covid 19, seluruh perekonomian perlu melakukan adaptasi yang luar biasa, dimana banyak terjadi pemberhentian kerja, penurunan omset usaha, kehilangan pekerjaannya, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pemulihan perekonomian pascapandemi ini perlu fokus yang luar biasa. 

Peneliti dalam program pengabdiannya, mencoba memulihkan kembali kondisi perekonomian pada salah satu daerah di salah satu Desa di Kabupaten Ciamis, yakni di Desa Jalatrang. 

Desa ini memiliki potensi yang luar biasa, dimana desa ini sudah mulai meningkatkan perekonomian masyarakatnya melalui peningkatan desa wisata. Dan mencoba membangun desa ini melalui pembangkitan desa wisatanya. Potensi desa wisata ini perlu ditumbuhkembangkan, terutama setelah terlewati masapandemi covid 19 beberapa tahun lalu. 

Maka dari itu peneliti mencoba memberikan pendampingan melalui inkubator bisnis pada UMKM desa yang mulai merintis usahanya. Dimulai dari proses edukasi, sosialisasi, pendampingan, dan pengembangan yang luar biasa. 

Melalui metode inkubator bisnis, peneliti memberikan pendampingan dan pengembangan terhadap UMKM yang berkembang. Sehingga setelah diedukasi dan didampingi maka proses inkubator bisnis ini mulai dipahami oleh masyarakat, sehingga perekonomian mulai pulih dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline