Lihat ke Halaman Asli

Sang Legendaris Elvis Presley dan Doa untuk Titiek Puspa

Diperbarui: 26 Juni 2015   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

 

Bagi para penggemar musik dan lagu-lagu jadul, pasti mengenal nama penyanyi yang sangat melegenda yaitu Elvis Aaron Presley(Lahir di East Tupelo Mississippi 8 Januari 1935 dan meninggal di Memphis 16 Agustus 1977). Ia adalah seorang penyanyi legendaris Amerika Serikat. Selain itu ia juga adalah seorang produser musik dan aktor. Julukannya adalah "Raja Rock 'n' Roll", meskipun banyak juga lagunya yang berirama slow dan ballad.

Meskipun telah meninggalkan dunia fana ini hampir 33 tahun.   Namun, serangkaian acara dan buku baru diluncurkan pekan ini di seluruh dunia untuk menyambut apa yang seharusnya menjadi hari ulang tahunnya yang ke-75, tanggal 8 januari kemarin. Pesta terbesar diadakan di Memphis, di mana 8 Januari 2010 telah dicanangkan sebagai hari Elvis Presley, dan dilakukan upacara pemotongan kue di rumahnya di Graceland, pameran baru kostum-kostumnya, pemutaran film-filmnya, dan boneka Jailhouse Rock koleksi Barbie. Para penggemar Elvis yang paling fanatik akan berduyun-duyun datang ke Memphis, karena mantan istrinya, Priscilla, dan putrinya, Lisa Marie Presley, akan ambil bagian dalam pemotongan kue ulang tahun di halaman Graceland Memphis tersebut.

Coba kita simak lagu Are You Lonesome Tonight, berikut:

 

Are you lonesome tonight, Do you miss me tonight? Are you sorry we drifted apart? Does your memory stray to a brighter sunny day When I kissed you and called you sweetheart? Do the chairs in your parlor seem empty and bare? Do you gaze at your doorstep and picture me there? Is your heart filled with pain, shall I come back again? Tell me dear, are you lonesome tonight? Atau simak juga lagu Love Me Tender, berikut ini:

 

Love me tender, Love me sweet, Never let me go. You have made my life complete, And I love you so. Love me tender, Love me true, All my dreams fulfilled. For my darlin I love you, And I always will. Love me tender, Love me long, Take me to your heart. For it's there that I belong, And we’ll never part. Love me tender, Love me dear, Tell me you are mine. I’ll be yours through all the years, Till the end of time….  

 

Lagu-lagu tersebut pasti sudah sangat dikenal oleh penggemar Elvis karena sudah cukup melegenda. Lagu-lagu top lainnya seperti It.s Now or Never, Heartbreak Hotel, Jailhouse Rock, Tutti Frutti, Kiss Me Quick, dsb, Selain di musik, Elvis juga tampil dalam film seperti: Love Me Tender (1956), Jailhouse Rock (1957), King Creole (1958) dan Flaming Star (1960).

 

 

Di Negara kita, Indonesia kita juga punya pencipta lagu, penyanyi sekaligus artis yang sudah sangat melegenda lagu-lagunya, yaitu Titiek Puspa. Lagu nya banyak yang gembira, membangkitkan semangat sampai ada juga yang ‘slow’. Coba kita simak salah satu lagu gembiranya Marilah Kemari, berikut ini:

 

Marilah kemari hey hey hey hey hey kawan Akulah disini hey hey hey hey hey kasih Mari bergembira, bersama-sama Hilangkan hati duka lara Boleh dua-duaan Asal tetap dilingkaran Tapi awas jangan pergi berduaan Nenek bilang itu berbahaya Hey hey hey hey Marilah kemari hu hu hey kawan Dan kini menari, hey hey hey hey kasih Mari bergembira, bersama-sama Hilangkan hati duka lara…. Atau simak juga lagu Kupu-Kupu Malam, yang turut dipopulerkan oleh Peterpan, berikut ini:  

 

Ada yang benci dirinya Ada yang butuh dirinya Ada yang berlutut mencintanya Ada pula yang kejam menyiksa dirinya Ini hidup wanita si kupu-kupu malam Bekerja bertaruh seluruh jiwa raga Bibir senyum kata halus merayu memanja Kepada setiap mereka yang datang Dosakah yang dia kerjakan Sucikah mereka yang datang Kadang dia tersenyum dalam tangis Kadang dia menangis di dalam senyuman Oh apa yang terjadi, terjadilah Yang dia tahu Tuhan penyayang umatnya Oh apa yang terjadi, terjadilah Yang dia tahu hanyalah menyambung nyawa Oh apa yang terjadi, terjadilah Yang dia tahu Tuhan penyayang umatnya Oh apa yang terjadi, terjadilah Yang dia tahu hanyalah menyambung nyawa  

 

Pada saat ini, sang pencipta lagu dan penyanyi yang juga menjadi idola penulis yaitu Tante Titiek Puspa ini sedang beristirahat dan berobat di salah satu Rumah Sakit di Singapura, karena menderita kanker rahim. Ayo teman-teman Kompasianer, kita sama-sama bantu doakan semoga kesehatannya bisa sembuh dan bisa kembali beraktivitas menghibur kita semua. Kami sekeluarga dan pastinya semua kompasianer, turut sedih, prihatin dan berdoa bagi kesembuhan Tante Titiek Puspa yang mempunyai bakat musik dan rasa empati sangat luar biasa ini.

 

Nama asli Tante Titiek Puspa ini sebenarnya adalah Sudarwati yang diubah menjadi Kadarwati dan terakhir diubah menjadi Sumarti (lahir di Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, 1 November 1937 atau selisih 2 tahun seangkatan dengan Elvis Presley) Nama "Titiek Puspa" diambil dari Titiek yang merupakan nama panggilannya sehari-hari dan Puspa dari 'Puspo' nama bapaknya. Nama ini pula yang diambil untuk nama orkes pengiringnya "PUSPA SARI" yang dipimpinnya sendiri dan mengiringinya menyanyi pada awal kariernya.

 

Banyak lagu-lagu ngetop lainnya seperti: Pantang Mundur, Hidup Untuk Cinta,  Si Hitam, Romo Ono Maling, Bimbi, Bing, Jatuh Cinta,  Apanya Dong… dsb. Selain itu beliau turut membintangi film Minah Gadis Dusun, Inem Pelayan Sexy, Koboi Sutera Ungu, dsb. Sekitar tahun 70-an setiap menjelang hari raya Idul Fitri selalu menggelar operet lebaran bersama Papiko (Persatuan Artis Pop Ibukota). Sekarang kita masih bisa lihat beliau tampil pada beberapa tayangan iklan beberapa produk di televisi.

 

Sekali lagi, ayo teman-teman Kompasianer kita doakan semoga Tante Titiek Puspa cepat sembuh, dan semoga doa kita dapat dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, amin.

Semoga doa tulus yang dipanjatkan para Kompasianers secara bersamaan, juga dapat menjadi sinergi kekuatan penyembuhan bagi Tante Titiek Puspa tercinta.

 

Salam kebersamaan di Rumah Sehat Kompasiana.

   




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline