Lihat ke Halaman Asli

Wily Wijaya

Pendidik

Reportase Unimed 27 Mei 2015 Blogshop Goes To Campus

Diperbarui: 7 November 2015   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 

Hari Rabu tanggal 27 Mei 2015 bertempat di Gedung Digital Library Ruang VIP lt.4 kampus Universitas Negeri Medan, Kompasiana mengadakan Blogshop Goes To Campus bekerja sama Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang disupport Ilmu Ekonomi Program Pasca Sarjana Unimed dan Pelangi Out Bound dengan tema Inovasi Strategi Bisnis di Media Online. Workshop ini dimulai pukul 14.00 WIB yang dihadiri Prof. dr. Sahat Siagian selaku Asdir II Program Pasca Sarjana Unimed, Dr. H. Dede Ruslan, M.Si, selaku Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Program Pasca Sarjana Unimed, Prof. Indra Maipita, M.Si, Ph.D selaku Guru Besar dan kalangan mahasiswa-mahasiswa Unimed dan di awal kedatangan masing-masing diberikan souvernir berupa electric adaptor.

Workshop dibuka oleh Bapak Satria dengan ice breaker Monkey Death, kemudian kata sambutan dari Bapak Umar Putra, Bapak Dede Ruslan, Bapak Sahat Siagian dan Bapak Raamdani ROM selaku Technical. Sebagai moderator Derry Fadillah selaku Bisnis, memperkenalkan pembicara workshop yaitu Ridhatullah Hambalilah selaku Head Corporate Communication Division JNE, Wahyu Aditya selaku Founder Hellomotion. Inc dan Iskandar Zulkarnaen selaku dari Assistant Manager Kompasiana Sesi pertama diberikan kepada Bapak Ridhatullah Hambalilah tentang media online. Dalam sesi ini dipaparkan bahawa pengguna Internet Indonesia tahun 2014 dengan sumber APIII-Puskakom UI (Maret 2015) dengan populasi penduduk 252 juta (BPS 2014) yaitu Netizen 65%, Bukan Netizen 35%, 78% Domisili Indonesia Bagian Barat, 49% Generasi Millenial (18-25), 85% Akses Lewat Ponsel, dan 51% adalah wanita. Persentase jejaring sosial 87,4; mesin pencari 68,7; pesan instan 59,9; berita/informasi 59,7; download/upload video 27,3; dan belanja online 11. Pekerjaan manusia sekarang didominasi eat, pray dan tweet. Content marketing adalah sebuah jalan untuk mencapai dan menarik target audience lewat content. Dimana pesan-pesan marketing, cerita-cerita yang menggerakkan kepercayaan, perasaan, opini, dan emosi bisa dikategorikan sebagai content marketing. Hierarki ngeblog digambarkan seperti sebuah segitiga dimana posisi paling bawah to have fun, diatasnya to connect with people, to make money, to establish your expertise dan paling atas to help people. Kemudian 90% informasi yang diterima otak adalah visual dan otak memproses gambar 60 ribu lebih cepat dari teks dan akhirnya visual menentukan kesuksesan content online. Fact sheet 2014, monthly user avg 12.000.000, monthly session avg 18.000.000 visits, monthly pageviewes : 30.000.000/monthly, google page rank 6, accounts 270.000 dan contents/articles:more than 2.000.000. Mari go blogging with kompasiana dengan sharing, networking, educate, branding, giving dan fun (hobbies) @iskandarjet.

Sesi kedua dilanjutkan Bapak Wahyu Aditya tentang bisnis online dengan motto kreatif sampai mati. Penemuan akan kreativitas manusia, teknologi dan pasar. Kreativitas dalam cara membuat logo dan manifest imagination @masawidtya. Sesi ketiga diakhiri Bapak Iskandar Zulkarnaen membawakan business model and strategi for e-commerce. Untuk 2016, the Indonesian e-commercfe sales are approximately 300 trillion rupiahs, dan the logistic cost for e-commerce are about 45 trilllion rupiahs. Logo JNE logistik berwarna kuning, Divisi berwarna merah dan Transport berwarna hijau dan dimulai dengan innovation strategy yaitu JNE Pick-up point untuk alternatif penerimaan kiriman. A living company create new customer, maintain existing customer with quality dan innovation to look, to listen and to predict. Diakhiri kalimat Johan Zein “after you’ve done all you can, you just stand. And let God decide”.

Akhir kata Bisnis online membutuhkan marketing, kreativitas, imagination, inovation dam strategy. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Memasuki acara hiburan Stand Up Comedy, hadiah bagi testimony terbaik dan sebagai penutup diadakan foto bersama.

 

Terima kasih Kompasiana dan JNE.

#blogshopjne

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline